Foto: Lurah Gunung Panjang, Sabaruddin saat memaparkan program Si Paman.

TANJUNG REDEB- Berangkat dari  diklat Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP), Lurah Gunung Panjang, Sabaruddin membuat inovasi layanan masyarakat berbasis online.

Inovasi yang dinamai Si Paman ini merupakan singkatan dari Sistem Informasi Masyarakat Mandiri. Tujuannya, untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat berbasis online.

“Dengan adanya aplikasi ini, masyarakat bisa melakukan berbagai macam layanan. Seperti pembuatan surat tidak mampu, hingga surat pengantar nikah. Jadi mereka cukup membuatnya di rumah saja,” jelasnya.

Diterangkannya, warga di Kelurahan Gunung Panjang, hanya cukup menggunakan android untuk mendapatkan pelayanan dari website yang sudah disiapkan.

Karena di sana, kata Sanaruddin, semua layanan yang ada Kelurahan Gunung Panjang dapat diakses. Bahkan, pihaknya juga akan memberikan pasword website kepada setiap RT untuk membantu warganya.

“Setelah kepengurusan dokumen di website itu, maka keesokan harinya, warga itu akan dihubungi pihak kelurahan bahwa dokumennya sudah selesai dibuat,” terangnya.

Hanya saja kata dia, untuk program Si Paman ini masih ada kekurangan dan belum maksimal. Sehingga perlu banyak perbaikan agar pelayanan yang diberikan melalui Si Paman ini dapat berjalan maksimal.

“Pasti ada kekurangan. Dan itu akan kami sempurnakan lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten III Setkab Berau, Maulidiyah mengapresiasi inovasi yang dicetuskan oleh Lurah Gunung Panjang tersebut. Menurutnya, dengan adanya program itu, masyarakat akan terbantu dan lebih mudah dalam mengurus berbagai dokumen di Kelurahan Gunung Panjang, tanpa harus datang ke kantor.

“Jadi cukup di handphone saja. Tidak perlu lagi datang ke kantor,” ujarnya.

Menurutnya, ada beberapa item yang bisa dibuat melalui Si Paman. Diantaranya seperti surat untuk pernikahan, surat untuk berusaha, hingga SKTM. Apalagi, pihak kelurahan juga sudah memiliki data base baik itu KK maupun KTP.

“Yang jelas, kami dari Pemkab Berau sangt mengapresiasi dan mendukung terobosan ini agar dapat dikembangkan lagi,” jelasnya.

Mantan Kepala BPKAD Berau ini juga menilai, Si Paman dapat menjadi role model untuk diterapkan di Kelurahan-Kelurahan. Termasuk kampung-kampung lain di Bumi Batiwakkal.

“Inovasi ini harapannya, bisa ditiru sekaligus jadi role model bagi kelurahan dan kampung-kampung lain. Sehingga memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” terangnya.

Hanya, dirinya juga berpesan, Pemerintah Kelurahan Gunung Panjang, dapat lebih meningkatkan lagi sistem yang ada di Si Paman tersebut. Agar dapat menjadi program pelayanan andalan ke masyarakat.

“Inovasi itu dapat lebih ditingkatkan lagi, seperti menambah fitur pelayanan lain. Sehingga dapat memberikan pelayanan menyeluruh kepada masyarakat,” pungkasnya. (/ADV).

Reporter: Hendra Irawan