Foto: Tampak udara lokasi kebakaran di Gunung Tabur pada Senin (19/06/2023)

TANJUNG REDEB- Enam rumah hangus terbakar di Jalan Kuran, RT 02, Kelurahan Gunung Tabur, Senin (19/6/2023) kemarin. Diduga, penyebab kebakaran tersebut dikerenakan ledakan kompor lantaran pemiliknya lupa mematikan saat tengah memasak.

Kapolsek Gunung Tabur, AKP Amin Maulani menjelaskan, kebakaran terjadi sekira pukul 08.30 Wita. Meski dari informasi lapangan dugaan peristiwa itu karena ledakan kompor, namun pihaknya saat ini masih melakukan penyelidikan mendalam mengenai penyebab kebakaran.

“Dugaan sementara, itu karena ledakan kompor. Tapi, kami masih harus melakukan penyelidikan mengenai penyebab pastinya,” ujarnya.

Pihaknya juga telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi, termasuk pemilik rumah yang terbakar. Hanya, untuk pemilik rumah yang pertama terbakar, belum bisa memenuhi panggilan kepolisian, karena masih trauma.

Dirinya juga menjelaskan, dalam kebakaran tersebut, tidak ada korban jiwa maupun luka. Namun, api yang cukup besar saat kejadian membuat 6 bangunan rumah hangus terbakar.

“Tadi saksi yang pertama rumah terbakar pingsan masuk puskesmas. Sempat dipanggil, tapi yang bersangkutan belum mau datang ke Polsek. Jadi besok baru dipanggil,” jelasnya.

Sementara itu, Kasi Kedaruratan BPBD Berau, Askar Husairi menjelaskan, BPBD Kabupaten Berau mengerahkan 7 unit mobil pemadam kebakaran untuk dikerahkan untuk menjinakkan api.

“Kami mengerahkan 5 unit damkar dan dibantu 1 unit mobil water canon,” ungkapnya.

Dijelaskannya, selama satu jam berjibaku dengan api, kebakaran tersebut baru benar-benar padam. Dirinya berharap, dengan kejadian kebakaran ini, jadi pelajaran bagi masyarakat Berau, untuk lebih waspada lagi.

“Perhatikan lagi peralatan memasaknya, listriknya dan semua yang berpotesni menimbulkan api. harapannya, kejadian serupa tidak kembali terjadi,” pungkasnya. (/)