Foto: Perwakilan PT BUMA Binsua dan SMP 5 Sambaliung usai menerima penghargaan dari Gubernur Kaltim, Isran Noor.

Samarinda – Pada Kamis, 15 Juni 2023, dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, SMPN 5 Sambaliung yang menjadi sekolah binaan PT Buma Binungan-Suaran berhasil meraih sekolah Adiwiyata tingkat provinsi. Sebelumnya, sekolah ini telah meraih tingkat kabupaten pada tahun 2019.

Acara penghargaan yang diselenggarakan di Hotel Mercure,Samarinda itu dihadiri oleh para siswa dan guru SMPN 5 Sambaliung, serta perwakilan dari PT Buma Binungan Suaran.

Manager Business Support BUMA Binungan-Suaran Sriyanta mengatakan, penghargaan ini merupakan hasil dari program yang bertujuan untuk mengajak warga dan sekolah menjadi peduli terhadap lingkungan dan terus berinovasi dalam hal keberlanjutan lingkungan.

“PT Buma Binungan-Suaran telah meramu SMPN 5 Sambaliung menjadi sekolah unggulan dalam hal kepedulian lingkungan,”ujarnya.

Setelah berhasil meraih gelar sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten pada tahun 2019, kegiatan ini sempat terhenti selama dua tahun akibat pandemi COVID-19.

Namun, berbagai upaya telah dilakukan oleh pihak sekolah untuk mempertahankan predikat ini, dan akhirnya, gelar sekolah Adiwiyata tingkat provinsi pun berhasil diraih.

Dalam perjalanannya, SMPN 5 Sambaliung juga mendapatkan dukungan penuh dari PT Buma Binungan Suaran. Berbagai program dan pelatihan telah diselenggarakan untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan siswa dalam hal kesadaran lingkungan.

Selain itu, guru-guru di sekolah juga terus mengedukasi para siswa tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

“Selama program ini berjalan, SMPN 5 Sambaliung secara aktif terlibat dalam berbagai kegiatan lingkungan, seperti pengelolaan sampah, penghijauan sekolah, dan penanaman pohon,”katanya.

Sementara itu, di lokasi yang sama Wiyono Isyono, Kepala Sekolah SMPN 5 Sambaliung mengapreiasi apa yanh telah diraih sekolah yang ia pimpin ini. Dengan berhasil diraihnya sekolah Adiwiyata tingkat provinsi, SMPN 5 Sambaliung menjadi contoh yang baik bagi sekolah-sekolah lain dalam upaya pelestarian lingkungan.

“Semoga keberhasilan ini dapat memotivasi sekolah-sekolah lain untuk memberikan perhatian lebih terhadap lingkungan demi masa depan yang lebih baik,”pungkasnya.(*)