Foto: Dandim 0902/Berau saat meninjau perbaikan jembatan Sambaliung.

TANJUNG REDEB– Komandan Kodim (Dandim) 0902/Berau, Letkol Inf Dony Fatra melakukan peninjauan lokasi penyeberangan orang dan kendaraan, pasca ditutupnya jembatan Sambaliung. Ia juga meninjau proses perbaikan jembatan.

Dalam kunjungannya, perwira mantan jebolan Kopasus itu meminta, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) renovasi jembatan Sambaliung, dan Site Manager Kontraktor Pelaksana, proses perbaikan itu dapat dikerjakan secara maksimal.

“Harus selesai tepat waktu. Sesuai dengan masa kontrak kerja selama 210 hari. Tanpa mengurangi pembangunan, karena akan berdampak terhadap keamanan masyarakat yang nantinya akan melewati jembatan sambaliung,” ujarnya.

Ia juga meminta kepada pihak-pihak terkait lainnya, agar segera mencarikan solusi tentang penambahan Dermaga, serta armada lainnya guna mempercepat proses mobilisasi penyeberangan. Segingga antrean roda 2 maupun roda 4, tidak menumpuk.

“Perlu disiapkan juga sarana transportasi khusus untuk keadaan emergensi, yang memerlukan pertolongan segera,” katanya.

Sebagai terobosan kedepan, Pemkab Berau diusulkannya dapa mengajukan kepada Pemprov Kaltim, untuk membuat jembatan alternatif khusus pengguna kendaraan roda 2. Terutama disebelah jembatan Sambaliung yang sekarang sedang diperbaiki.

“Sehingga ada 2 jembatan, dan bisa digunakan satu arah,” tuturnya.

Dony juga menyadari, selama proses perbaikan jembatan Sambaliung, sedikit banyaknya akan berdampak terhadap pertumbuhan perekonomian masyarakat Berau. Baik di kecamatan Sambaliung maupun kecamatan lainnya di Kabupaten Berau.

Menyikapi hal itu, dia menyampaikan, saat ini pihaknya akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Dan mengharapkan PPK Renovasi Jembatan Sambaliung, proaktif dan maksimal dalam pengerjaan Jembatan Sambaliung.

“Kepada seluruh elemen masyarakat agar dapat bekerja sama dengan pemerintah, dalam menjaga kebersihan dan ketertiban di sekitar jembatan yang sedang diperbaiki, demi kelancaran lalu lintas,” ujarnya.

Tidak itu saja, dirinya juga menegaskan, Kodim 0902/Berau siap mendukung keamanan, kelancaran, dan kesuksesan program perbaikan jembatan Sambaliung.

“Kami juga akan menempatkan para Babinsa di posko gabungan dan titik kerawanan kemacetan,” pungkasnya. (/)