Foto: siswa sekolah SMA di Berau menjadi salah satu penerima beasiswa Berau Cerdas.

TANJUNG REDEB – Pemkab Berau resmi menutup proses pendaftaran Beasiswa Berau Cerdas, sejak 31 Mei 2023 kemarin. Dipastikan saat ini tidak ada lagi calon pendaftar yang dapat melakukan registrasi lantaran sistem online telah ditutup.

Kepada awak Berau Terkini, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setkab Berau, Syafri, mengatakan saat ini pendaftaran ditutup sesuai jadwal yang telah ditetapkan tim pendaftaran berkas beasiswa. Tim bakal melakukan verifikasi berkas pendaftar secara online.

Sejak tahun lalu, aturan itu resmi diberlakukan. Pihak Pemkab Berau sudah tidak menerima bentuk berkas fisik lagi. Berkas yang diseleksi merupakan berkas yang diupload secara online di laman https://beasiswa.beraukab.go.id/.

“Sudah ditutup sejak 31 Mei. Kami masuk dalam tahap verifikasi berkas,” kata Syafri ditemui beberapa waktu lalu.

Pendaftar tahun ini pun diakui meningkat dibanding setahun sebelumnya. Bila pada 2022 lalu total calon penerima beasiswa mencapai 2.422 orang. Pada tahun ini, meningkat menjadi 2.855 orang.

Dari 2.855 pendaftar itu, terdiri dari calon penerima jenjang D2, D3, D4 dan S1 ada sebanyak 1.557 orang. Sementara peminat dari jenjang SMA/SMK sederajat mencapai 1.298 orang.

“Memang alami peningkatan. Ini berkat sosialisasi yang cukup masif ke para mahasiswa dan murid di Berau,” kata dia.

Dirinya juga menjamin data tersebut merupakan pendaftar yang telah lolos seleksi berkas. Sebab, bila tidak memenuhi syarat otomatis pendaftaran bakal ditolak oleh sistem.

“Karena sistem yang online ini serba otomatis dan minim tindak manipulasi data,” tuturnya.

Diakhir, Ia menghimbau kepada calon penerima beasiswa untuk dapat bersabar menunggu pengumuman resmi dari Pemkab Berau. Meski tak menyebutkan tanggal pastinya, ia memastikan pemberian beasiswa bakal dilakukan dalam waktu dekat ini.

“Sabar saja menunggu. Bila rejeki, pasti dapat. Yang penting memenuhi syarat,” ujar dia.

Sebagai informasi, penerima beasiswa Berau Cerdas dipastikan merupakan murid dan mahasiswa yang berdomisili di Berau. Program itu merupakan wujud dari keseriusan Pemkab Berau dalam bidang pendidikan. Program yang mulai dijalankan oleh Pemkab Berau sejak dipimpin oleh Bupati dan Wakil Bupati terpilih, pada periode 2021/2024. (*)

Reporter: Sulaiman