Foto: Bupati Berau Sri Juniarsih memantau langsung kesiapan dermaga Sanggam, Jalan P Diguna.

TANJUNG REDEB – Bupati Berau Sri Juniarsih meninjau lokasi penyeberangan kendaraan roda 4 maupun roda dua menjelang penutupan jembatan yang rencananya dilakukan pada Kamis (1/6/2023) esok.

Pada Rabu (31/5/2023) malam, orang nomor satu di Berau itu ditemani rombongan, memantau langsung progres persiapan dari dermaga di Singkuang dan dermaga Sanggam Jalan P Diguna.

Pemprov Kaltim menyediakan fasilitas penyebrangan gratis bagi pengguna roda 2 dan roda 4 di dermaga Singkuang. Dengan menyediakan dua unit kapal LCT.

Mengenai jadwal penyeberangan, Pemkab Berau telah memastikan penyebrangan di Singkuang dimulai pada pukul 04.00 Wita subuh hingga pukul 24.00 Wita. Sementara penyebrangan roda dua, dimulai pada pukul 06.00 pagi, hingga pukul 18.00 Wita.

Saat dikonfirmasi, Sri berpesan kepada warga pesisir dan sebaliknya untuk bersabar selama proses pembangunan empat bulan ke depan. Ia meminta kepada warga untuk menyebrang ke kota dengan kepentingan yang urgent saja.

“Bersabar dulu, ini demi menjaga keselamatan dan keamanan kita dalam menggunakan jembatan Sambaliung ini,” kata Sri.

Ia berharap kepada instansi pemerintahan untuk sigap dalam menjamin keberlangsungan layanan pendidikan dan kesehatan. Begitupun masyarakat diminta untuk pro-aktif memberikan laporan bila alami kesulitan selama proses renovasi jembatan berlangsung.

“Dinas terkait juga segera membuat formula khusus, agar akses kesehatan dan pendidikan tetap berjalan,” perintah dia.

Diketahui, proyek renovasi jembatan tersebut menelan APBD Kaltim 2023 senilai Rp 26,6 miliar. Menurut data LPSE Pemprov Kaltim, proyek itu bakal dikerjakan hingga Oktober 2023. Dengan pengerjaan konstruksi dilakukan oleh PT BELAWA MAHA KARYA asal Samarinda.

Lebih detil lagi, dalam info kegiatan kontrak disebutkan pekerjaan proyek itu meliputi, penyiapan dermaga jetty. Penguatan struktur jembatan pada pier 1 dan 2. Kemudian pembongkaran lantai jembatan. Penambahan baja struktur 345 Mpa. Pemasangan steel deck. Pengecoran lantai jembatan. Pengaspalan. Hingga pengecatan fisik jembatan.

Terkait data teknis, dalam dokumen di data LPSE disebutkan, jembatan direnovasi dengan tipe sederhana kelas B. Dengan panjang bentang jembatan sepanjang 180 meter. Yang terbagi atas 3 bentang, masing-masing sepanjang 60 meter. Lebar jembatan seluas 6 meter. Ditambah dengan trotoar seluas 0,5 meter sisi kiri dan kanan.

Perwakilan dari Dinas PUPR Kaltim selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Perbaikan Jembatan Sambaliung, I Nyoman Suardika, mengatakan proyek tersebut bakal diselesaikan sebulan sebelum masa kontrak berakhir.

Pun penutupan pada 1 Juni 2023 tersebut, merupakan target pengerjaan yang direncanakan oleh pihak kontraktor pelaksana. Jadwal itu pun yang ia sempat sampaikan kepada Pemkab Berau saat proyek ini telah temukan pemenang tender.

“Tanggal itu yang memang jadi target kami ya,” ujarnya. (*/ADV)

Reporter: Sulaiman