Foto: Suasana lalu lintas di Jembatan Sambaliung.

TANJUNG REDEB – Pemkab Berau belum melakukan koordinasi lebih lanjut terkait rencana penutupan Jembatan Sambaliung. Diketahui, menurut kabar yang beredar, penutupan jembatan tersebut bakal dilakukan pada 1 Juni 2023 mendatang.

Ihwal persiapan material, hingga penyediaan transportasi alternatif telah dilaksanakan Dinas PUPR Kaltim. Kini hanya menyisakan tugas dari Pemkab Berau, untuk memastikan pengalihan arus lalin berjalan lancar.

Saat dikonfirmasi, Kasi Rekayasa Lalu Lintas Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalulintas Dinas Perhubungan (Dishub) Berau, Frisko Hakim, mengatakan pihaknya masih menunggu instruksi kepala daerah dalam forum rapat koordinasi lintas instansi.

“Kami juga masih nunggu-nunggu ini. Leading sektornya ada Sekretariat Daerah, Bagian Pembangunan untuk kebijakan ini,” kata Frisko.

Demikianpun skema yang telah diedarkan oleh Dishub Berau sejak awal Mei 2023 lalu, dianggap sebagai bahan sosialisasi. Tidak pada ranah kerja teknis.

“Memang sempat ada pertemuan. Tapi rapat lanjutan, sampai hari ini belum ada undangannya,” beber dia.

Dalam rapat koordinasi terkait teknis pengaturan dan pengamanan lalu lintas nanti, bakal melibatkan lurah, polisi, Dishub, Satpol-PP, hingga jajaran POM.

Dia menerangkan, tugas pengamanan arus lalu lintas telah disepakati menjadi domain dari Pemkab Berau. Diketahui, Pemkab Berau telah melakukan sekitar tiga kali pertemuan dalam memastikan tugas-tugas teknis pemerintah daerah dan provinsi.

“Kalau persiapan dari provinsi sudah selesai. Tinggal dari kita ini. Sampai hari ini belum ada undangan juga,” ungkapnya.

Dalam pemberitaan sebelumnya, BPBD sebagai pemilik tugas penyelamatan kala bencana terjadi. Menyatakan belum mendapatkan undangan yang dimaksud.

Sementara, Bupati Berau Sri Juniarsih menyatakan siap untuk melakukan simulasi kedua di penyebrangan kendaraan di dua titik. Pertama, penyebrangan khusus sepeda motor berada di Jalan P Diguna (Dermaga Sanggam) ke Jalan Raja Alam I, Sambaliung. Kemudian, khusus kendaraan roda 4 ke atas, berada di Jalan Singkuang menuju Jalan Limunjan, Gang Indah, Sambaliung.

Selain sosialisasi skema, dalam lawatan halal-bihalal Pemkab Berau, secara khusus Bupati perempuan pertama di Bumi Batiwakkal tersebut menyampaikan soal rencana pembangunan jembatan Sambaliung.

“Sudah sering kami sosialisasikan. Kami siap juga untuk simulasi lagi, demi memastikan keamanan dan keselamatan saat penyebrangan,” ujar Bupati.

Ihwal surat pengumuman kepada warga Berau pun saat ini tengah digarap pemerintah. Sebagai tindaklanjut pengumuman skema yang diberikan pada awal Mei 2023 lalu. (*)

Reporter: Sulaiman