Foto: Suasana Pilkakam Pulau Derawan 2017 lalu

TANJUNG REDEB- Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam) serentak tahun 2023 sudah tidak lama lagi.

Guna memastikan Pilkakam berjalan lancar tanpa ada kecurangan, Anggota Komisi I DPRD Berau, Rahmatullah berharap, semua panitia seleksi di setiap kampung yang menggelar Pilkakam menjalankan semua tahapan berdasarkan aturan yang berlaku.

“Mulai dari penjaringan sampai penetapan calon, harus benar-benar sesuai aturan. Jangan ada diskrimasi terhadap bakal calon yang ingin mendaftar di Pilkakam,” jelasnya.

Diterangkannya, Pilkakam merupakan pesta demokrasi yang erat kaitannya dengan emosional warga di kampung setempat.

Sehingga, pelaksanaannya harus benar-benar dijamin harus sesuai dengan prosedur, agar Pilkakam dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

“Makanya, seluruh panitia seleksi harus benar-benar menjalankan tupoksinya dengan baik,” katanya.

Rahmatullah juga meminta, semua warga yang ingin mengikuti Pilkakam, harus sportif dan tidak memalsukan data apapun untuk mewujudkan ambisi pribadi. Karena dikhwatirkan, dapat menimbulkan konflik tidak diinginkan di tengah masyarakat.

Di sisi lain, juga harus menjaga ketertiban dan ketentraman umum dalam masyarakat. Dan jangan melalukan hal-hal yang dilarang seperti saling menjatuhknan sesama calon.

“Tetap jaga keamanan dan keharmonisan antar sesama masyarakat demi mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan kampung,” pungkasnya. (/ADV).