Foto: Ketua KPU dan Ketua Bawaslu saat menutup waktu pendaftaran bacaleg Minggu (14/0/5/2023) pukul 00.00 wita.

TANJUNG REDEB – Dari 18 Parpol yang ada di Kabupaten Berau, hanya Partai Garuda dinyatakan tidak akan mengikuti Pileg pada Pemilu 2024 di Bumi Batiwakkal.

Pasalnya, Sejak dibukanya pendaftaran bacaleg mulai 1 Mei hingga batas terakhir penyerahan berkas Bacaleg, Minggu (14/05/2023) pukul 23.59 Wita, Partai Garuda menjadi satu-satunya yang tidak menyerahkan berkas tersebut.

Ketua KPU Berau, Budi Harianto mengatakan, tidak ada tambahan waktu yang diberikan. Konsekwensinya, partai yang tidak menyerahkan berkas pendaftaran bacalegnya sampai batas waktu yang ditentukan, tidak bisa mengikuti Pileg nanti.

“Karena tidak menyerahkan berkas itu, maka Partai Garuda tidak bisa mengikuti Pileg 2024 untuk Kabupaten Berau,” jelasnya.

Ia menerangkan, sebenarnya sebelum pendaftaran ditutup, pengurus Partai Garuda sempat melakukan komunikasi dengan KPU Berau. Di mana kendala pengurus partai itu, dijelaskan Budi, masih melengkapi administrasi.

Karena waktu pendaftaran yang terbatas, dirinya juga sempat menyarankan agar berkoordinasi dengan KPU Berau, apabila memerlukan bantuan dalam penyelesaian administrasi partai tersebut.

“Jadi ketika memang ada yang perlu dibantu, kita siap bantu. Tapi sampai batas akhir, pengurus Partai Garuda tidak ada yang datang,” tuturnya.

Lebih jauh dijelasknnya, dari 17 parpol yang sudah mendaftarkan diri, tidak semua terisi 100 persen untuk semua dapil.

“Bahkan, ada parpol hanya mengurus kadernya untuk mengisi 2 dapil saja,” katanya.

Setelah tahapan pendaftaran ini, selanjutnya masuk tahapan Verifikasi Administrasi, yang akan dimulai sejak 15 Mei hingga 23 Juni 2023 mendatang. Dalam tahapan ini, memperbaiki berkas yang masih belum lengkap, tapi tidak bisa menambah yang belum di upload pada Silon.

Nantinya pada tahan verifikasi administrasi, barulah KPU bisa melihat data yang diupload Parpol. Dari data yang diupload nanti dicek kesesuaian dengan persyaratan yang diserahkan.

“Nanti setelah tahapan verifikasi tersebut selesai, baru masuk lagi pada tahapan perbaikan bagi Parpol yakni tanggal 24 Juni sampai 6 Agustus nanti. Wakyunya cukup panjang untuk lakukan perbaikan,” pungkasnya. (/)

Reporter: Hendra Irawan