Foto: Kondisi baliho yang diamankan petugas patroli Satpol PP Berau.

TANJUNG REDEB – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Berau melakukan penertiban baliho atau papan iklan yang rusak di sempadan jalan lantaran tersapu badai ketika hujan deras mengguyur belakangan ini.

Dari patroli yang dilangsungkan pada Jumat (12/5/2023) lalu, sekira 10 petugas yang berpatroli menemui sekitar 4 buah baliho yang rusak. Bahkan, ada yang sudah rata dengan aspal.

Kepada Berau Terkini, Kepala Satpol Anang Saprani mengatakan giat tersebut dilakukan sebelum masuk laporan dari masyarakat yang terganggu perjalanannya akibat baliho tersebut.

“Jadi kami tertibkan itu sebelum viral di masyarakat,” kata Anang.

Dari temuan petugas di lapangan, kebanyakan baliho tersebut dalam kondisi tak layak pajang. Seperti salah satu baliho yang hanya dipasangi kayu ukuran kecil.

Hal tersebut yang diduga menjadi penyebab baliho tak kuat berdiri kala diterjang badai yang menerjang Berau beberapa hari belakangan ini.

Dari 4 baliho yang ditemukan, merupakan gambar politisi yang memberikan ucapan hari raya idul fitri 1444 H. Yang berada persis di jalan poros Kantor Kecamatan Tanjung Redeb hingga tikungan Pulau Sambit.

“Daripada ancam keselamatan warga dan ganggu keindahan kota, lebih baik kami tertibkan,” kata dia.

Penertiban tersebut, dikatakan Anang, dilaksanakan berdasarkan Perda Nomor 13/2012 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat.

Ia menghimbau kepada pemilik baliho untuk mengganti baliho baru dengan pondasi kayu yang kokoh agar tak mengancam keselamatan pengendara yang melintas.

“Silahkan diganti saja. Baliho yang tumbang sudah kami amankan. Kondisinya juga sudah rusak,” bebernya.

Lebih lanjut, dia berpesan kepada pengguna jasa iklan baliho untuk secara cermat memasang iklan di tepi jalan. Demi menghindari kejadian yang tak diinginkan.

“Mulai bulan ini kami bakal rutin patroli, karena semakin banyak baliho yang dipasang,” sebutnya.

Reporter: Sulaiman