Foto ist: Foto Pulau Derawan

TANJUNG REDEB- Anggota Komisi I DPRD Berau, Falentinus Keo Meo, meminta adanya inovasi terarah dari Pemkab Berau khususnya Dinas Kebudayaan Pariwisata terkait pengembangan pariwisata di Berau.

Apalagi, hingga sampai saat ini, dirinya belum melihat adanya suatu event yang benar-benar memiliki nilai jual kepada masyarakat luas. Belum lagi berbagai fasilitas penunjang wisata yang masih jauh dari kata maksimal.

“Perlu kita akui, pariwisata kita masih banyak yang belum maju. Bagaimana kita mendatangkan pengunjung banyak seperti Bali, kalau kita belum punya inovasi dan nilai branding yang bagus untuk ditawarkan,” katanya.

Menurutnya, Pemkab Berau, khususnya OPD terkait, harus benar-benar serius dan mencari pola yang bisa memberikan jaminan kenyamanan bagi wisatawan. Tidak hanya sekedar promosi tanpa ada pembenahan dan evaluasi secara menyeluruh.

Upaya pengembangan kepariwsataan di Kabupaten Berau, menurutnya sudah sangat lama disampaikan oleh pemerintah daerah. Tapi hingga saat ini belum maksimal.

“Ini bisa terlihat. Dan saya kira belum ada kemajuan signifikan. Makanya, perlu keseriusan dalam hal tata kelola kepariwisataan. Berau punya segalanya, jangan sampai tidak dimaksimalkan dengan baik,” terangnya.

Di sisi lain, Pemkab Berau juga harus memberikan anggaran yang cukup untuk meningktkan sektor pariwisata. Karena anggaran menurut Falen, juga sangat berpengaruh. Terutama dari segi pembangunan insfrastrukturnya.

“Wisata harus jadi prioritas. Kunjungan wisatawan banyak, maka dampaknya akan sangat dirasakan masyarakat Berau,” pungkasnya. (/ADV)