Foto: Ketua DPD NasDem Berau Liliansyah

TANJUNG REDEB- Di tingkat pusat, NasDem, Demokrat dan PKS sudah mendeklarasikan koalisi perubahan pada Maret 2023 lalu. Pasalnya, ketiga partai itu secara terang-terangan sudah mendukung Anis Baswedan sebagai Calon Presiden. Bagaimana dengan ditingkat daerah.

Ketua DPD NasDem Berau, Liliansyah mengungkapkan, untuk perintah koalisi ke daerah, pihaknya belum mendapat tembusan. Artinya, saat ini masih penjajakan dan penyatuan visi misi antara ketiga partai tersebut.

“Kami belum dapat instruksi dari DPP. Kalau ada perintah satu garis sampai ke daerah, pasti akan dilakukan. Karena itu sudah keputusan DPP,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Haji Lili ini juga menyebut, tidak menutup kemungkinan NasDem dan PKS Berau maupun partai koalisi lainnya bersama-sama memenangkan Pilkada 2024. Tetapi hal itu terjadi jika instruksi koalisi sudah diturunkan dari DPP ke Daerah atau nanti melihat hasil Pileg 2024.

Diketahui juga, para kader NasDem yang duduk di DPRD Berau cukup getol mengkritik kebijakan Bupati Berau, Sri Juniarsih yang juga merupakan kader dari PKS.

“Itu sudah jelas (Menangkan Pilkada). Kalau instruksi itu, harus satu garis dari DPP ke tingkat DPD. Mau tidak mau dan suka tidak suka, harus dijalankan,” terangnya.

Lili juga menambahkan, sejauh ini NasDem Berau tidak memiliki masalah apapun dengan PKS Berau. Dia juga menyebut, dalam politik meskipun berbeda pandangan tujuannya tetap sama. Yakni membangun daerah dan mensejahterakan masyarakat, terutama di Kabupaten Berau.

Apalagi sebelumnya, NasDem dan PKS juga pernah bekerjasama dalam memenangkan Pilkada di Kabupaten Berau.

“Dan kami tidak ada masalah dengan PKS. Kami juga pernah bersatu dengan PKS. Politik itu dinamis dan bisa beubah-ubah,” pungkasnya. (/)