Foto: Ketua DPD PD Berau Samsul Maruf ditemani kader mengantarkan berkas pencalonan bacaleg ke kantor KPU Berau.

TANJUNG REDEB – DPC Partai Demokrat Berau menggelar aksi jalan kaki menuju kantor KPU Berau. Kasi jalan kaki itu juga diikuti para kader dan Ketua Demokrat Berau.

Di bawah terik matahari siang itu, menggunakan mobil komando yang dihiasi ornamen bendera Partai Demokrat. Perjalanan itu ditempuh dari kantor DPC Demokrat Berau sekira 1 kilometer untuk mengantar syarat pencalonan menjadi anggota DPRD Berau, pada Jumat (12/5/2023) siang.

Saat ditanyai awak media, alasan memilih jalan kaki mengantarkan berkas pencalonan 30 Bacaleg partai. Ketua DPC Partai Demokrat (PD) Samsul Maruf, menyatakan, aksi itu merupakan wujud pembuktian bahwa Demokrat merupakan partai rakyat.

Dimaknai pula sebagai cara kader untuk berdiri sejajar dengan masyarakat dalam membawa gerakan perubahan untuk Indonesia yang lebih baik.

“Pesan moralnya, bagaimana kita harus bekerja keras di bawah terik matahari untuk mencapai sebuah tujuan,” kata Samsul.

Kemudian, dalam mengusung tagline ‘Muda adalah Kekuatan’ dijadikan sebagai semboyan kader partai berlogo mercy untuk dapat meyakinkan para kawula muda alias milenial untuk menjadi motor perubahan bangsa.

Peran pemuda itu, kemudian dipadukan dengan kekuatan angkatan tua yang sarat akan pengalaman dalam kontestasi pesta politik lima tahunan tersebut.

“Jadi kolaborasi yang apik antara kaum muda dan angkatan tua, kami yakini akan membawa kemenangan untuk demokrat,” terangnya.

Diksi dan tindakan itu, lebih jauh diharapkan Samsul sebagai penjawab dari harapan kader untuk kembali meraih kemenangan dalam kontestasi Pemilu 2024 nanti.

Itu pun dijawab dalam komposisi bacaleg yang diusung oleh DPC PD Berau. Dari 30 Bacaleg, mayoritas diisi oleh kaum muda dan perempuan sebanyak 30 persen.

Ditambah dengan peran petahana alias pejabat legislator di DPRD Berau saat ini yang berjumlah tiga orang. Yakni Samsul Maruf, Abdul Waris dan Falentinus Keo Meo.

Dari ukuran itu, Samsul yakin dapat merebut minimal 6 kursi di DPRD Berau. Sekaligus merebut kursi ketua yang saat ini diduduki kader NasDem.

“Kami yakin bisa merebut kembali kejayaan Demokrat. Sama seperti zamannya Pak Susilo Bambang Yudhoyono (Presiden ke 6). Bahkan harapannya bisa lebih besar lagi,” jawab dia membara.

Sebagai informasi, berkas bacaleg DPC PD telah diterima oleh KPU Berau tanpa catatan apapun.

Sehingga dipastikan Demokrat hanya sisa menunggu proses verifikasi berkas bacaleg yang selanjutnya ditetapkan sebagai calon legislatif di DPRD Berau.

Pun keterwakilan perempuan dianggap telah memenuhi syarat dan semua caleg telah mengisi data di sistem silon. Dengan komposisi kader yang diusung Dapil 1, 8 kader. Kemudian Dapil 2, 9 kader. Selanjutnya Dapil 3, 6 kader. Terakhir Dapil 4, 7 kader. (*)

Reporter: Sulaiman