Foto: Suasana foto bersama Bupati Berau Sri Juniarsih dengan Kafilah Berau dan beberapa unsur pejabat teras Pemkab Berau, di Rujab Bupati pada Kamis (11/5/2023) malam lalu.

TANJUNG REDEB – Bupati Berau Sri Juniarsih memberikan wejangan alias pesan penting bagi kafilah Berau yang bakal bertanding dalam gelaran Musabaqah Tilawatil Quran alias MTQ ke-44 Kaltim, di Balikpapan.

Pesan itu berkaitan dengan visi pemerintah yang menginginkan Berau memiliki generasi Qurani (pengamal Quran).

Sri meyakini generasi tersebut menjadi investasi daerah yang bakal membangun Berau di masa yang akan datang.

“Target itu bukan juara. Tapi mencetak generasi Qurani di Berau,” kata Sri kala menggelar acara pelepasan kafilah MTQ Berau, di Rujab Bupati pada Kamis (11/5/2023) malam lalu.

Pemkab Berau bakal memberangkatkan sebanyak 105 orang kafilah ke Balikpapan. Yang terdiri dari 51 peserta lomba, sementara sisanya merupakan pelatih, official, dewan hakim dan pendamping.

Kafilah Berau tersebut bakal mendarat di Kota Beriman (sebutan Balikpapan) pada 14 Mei mendatang. Diberangkatkan langsung melalui Bandara Kalimarau dengan menggunakan dua kali penerbangan.

Sri pun melanjutkan pesannya, agar kafilah yang bakal berangkat dapat menjaga kesehatan selama berada di kota lokasi lomba.

“Peserta kafilah agar dapat terus berlatih dan tetap menjaga kesehatan selama lomba berlangsung,” ujarnya.

Ia melanjutkan, target kemenangan kafilah minimal tetap mempertahankan posisi 5 terbaik dari seluruh daerah. Juara yang sama diraih berau dalam gelaran MTQ Kaltim beberapa tahun lalu di Bontang.

Akan lebih baik bila peringkat tersebut naik. Sehingga dapat menjadi kebanggan untuk daerah.

“MTQ Sebelumnya juara 5, Mudah-mudahan bisa mendapatkan yang lebih tinggi daripada sebelumnya,” harapnya orang nomor satu di Bumi Batiwakkal tersebut.

Pendidikan dan Pelatihan (Penlat) Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Berau, Busransyah menerangkan para peserta mengikuti Training Camp (TC) selama dua tahapan, yakni sebulan sebelum Ramadan dan 10 hari setalah Idul Fitri.

“Selama TC mereka dilatih oleh para juara yang pernah menang dalam lomba MTQ,” jelasnya.

Direncanakan mereka akan diberangkatkan pada 14 Mei mendatang, menggunakan dua kloter, kloter pertama pukul 11.50 WITA dan kedua Pukul 15.20 Wita.

“Semoga para peserta bisa menjaga kesehatannya,” pesan dia. (adv)

Reporter: Sulaiman