Foto: Penyerahan bantuan oleh petugas posko bencana banjir di Labanan Makarti, Teluk Bayur.

TANJUNG REDEB – Curah hujan yang cukup tinggi yang melanda Berau beberapa hari belakangan ini, berujung pada peningkatan debit air Sungai Kelay yang merendam sejumlah rumah warga di beberapa kampung.

Walhasil, aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat menjadi korban atas air yang datang dari hulu sungai. Termasuk mengganggu aktivitas sekolah murid di empat kampung.

Melalui program tanggungjawab sosial dan lingkungan alias TJSL, Kamis (11/5/2023), PT Supra Bara Energi (SBE) menyalurkan bantuan sembako bagi warga yang terdampak banjir di Kampung Labanan Makarti, Teluk Bayur.

Paket sembako tersebut, berisi beras, indomie, gula, kopi, teh, makanan kaleng.

Menurut data yang diterima, sebanyak 43 KK menjadi korban bencana banjir. Dengan jumlah sekitar 120 orang.

Direktur PT SBE Amba mengatakan, bantuan tersebut disalurkan langsung oleh pihaknya ke kampung ditemani oleh petugas kecamatan.

“Semoga bantuan yang kami berikan dapat meringankan beban mereka (korban banjir),” kata Amba kepada Berau Terkini.

Perusahaan juga mengapresiasi pihak dinas terkait dan Kecamatan Teluk Bayur yang sigap dalam mendistribusikan bantuan kepada masyarakat.

Ia berharap banjir dapat segera surut agar aktivitas kembali normal.

“Respon petugas luar biasa. Kami jadi terbantukan atas itu,” kata dia.

Sementara itu, Camat Teluk Bayur Endang Iriani, mengutarakan ucapan terimakasih atas kepedulian PT SBE kepada warga terdampak banjir.

“Kami sangat berterimakasih, karena bantuan itu pasti sangat berarti bagi warga kami,” ujarnya.

Dia menuturkan, bantuan rata-rata korban memilih untuk tidak mengungsi ke tempat evakuasi pun ke rumah keluarganya lantaran bangunan rumah tidak tenggelam.

Sehingga, bantuan yang dipusatkan di posko bantuan bencana Kampung Labanan Makarti dengan mudah disalurkan langsung ke setiap rumah korban bencana.

“Alhamdulillah untuk wilayah Labanan Makarti sudah tertangani,” jelasnya.

Ia berharap kepedulian perusahaan di Berau dapat terpacu dengan gerak PT SBE untuk menyalurkan bantuan ke korban banjir. (*/adv)

Reporter: Sulaiman