Foto: Kepala Disbudpar Berau Ilyas Natsir

TANJUNG REDEB- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Berau, menantang anak-anak muda Berau untuk memberikan inovasi atau gagasan agar mampu mengundang wisatawan datang ke Kabupaten Berau.

Kepala Disbudpar Berau, Ilyas Natsir menjelaskan, nantinya jika ada usulan inovasi atau konsep yang dinilai tepat dalam mengembangkan wisata di Berau pihaknya tentu akan dukung.

“Silakan masukkan proposalnya. Konsep apa yang akan dibuat di dalamnya. Jadi, kami membuka ruang bagi anak-anak muda yang kreatif dapat mendatangkan wisatawan ke Berau,” katanya, Selasa (09/05/2023).

Menurutnya, selama ini inoveasi itu hanya muncul dari pihak pemerintah daerah melalui Disbudpar. Dalam proses pengembangan pariwisata di Kabupaten Berau (top down).

Kali ini, pihaknya pun “menantang” anak-anak muda yang memiliki jejaring luas untuk bisa beradu konsep atau event dengan pemerintah daerah agar pariwisata Berau menjadi lebih unik dan menarik untuk dikunjungi.

“Kita ingin bootom up atau dari dasar ke atas, ini yang belum ada di Berau. Makanya kami buka ruang bagi anak-anak muda yang memiliki konsep atau ide kreatif event lokal maupun nasional dalam pengembangan pariwisata kita,” jelasnya.

Namun ketika ditanya, apakah ada jaminan bahwa ide-ide kreatif yang diberikan dapat direalisasikan. Ilyas menjawab, semua bisa asal anggaran mencukupi.

“Yang pertama tergantung keuangan daerah. Kalau saya, semua ide itu akan saya pakai. Tetapi itu tadi, dari kemampuan daerah lagi. Tapi itu bisa diusulkan,” jelasnya.

Yang jelas kata Ilyas, apabila ide atau konsep evennya sudah ada. Tentu itu akan diperjuangkan dengan skema kolaborasi anggaran, baik itu dari APBD maupun APBN.

“Kami akan usulkn ke APBN, APBD Provinsi Kaltim maupun kabupaten. Bila perlu, melibatkan pihak swasta,” katanya.

Adapun event yang sudah dipastikan akan diseenggarakan dalam tahun ini adalah Maratua Jazz di Pulau Maratua. Event itu diharapkannya, mampu mengundang wisatwan lokal maupun mancanegara.

“Untuk sementara ini baru Maratua Jazz. Dan itu anggarannya lebih besar dari tahun lalu. Harapannya, bisa mendatangkan wisatawan ke Berau,” pungkasnya.(*)

Reporter: Hendra Irawan