Foto: Wakil Bupati Berau, Gamalis

TANJUNG REDEB – Wakil Bupati Berau Gamalis menyatakan Olahraga masih menjadi salah satu sektor yang mengangkat martabat daerah di ajang lomba tingkat provinsi maupun nasional.

Teranyar Berau yang didapuk sebagai tuan rumah Porprov Kaltim 2022, meraih gelar juara 2 umum alias runner up mengalahkan 8 kabupaten kota lain di seluruh penjuru Kaltim.

Saat itu, atlet Berau mampu mengamankan medali 198 emas, 140 perak, dan 186 medali perunggu dari 52 cabang olahraga. Terbaik selama Berau menjadi peserta Poprov Kaltim.

Kamis (28/4/2023) lalu, Wabup Berau Gamalis kala ditemui awak media usai meresmikan gedung olahraga di Kampung Merancang Ilir mengatakan, pembangunan sarana olahraga merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah dalam menelurkan atlet muda berbakat.

“Jadi sarana olahraga itu menjadi sarana berkumpulnya anak muda,” kata Gamalis.

Pembangunan sarana olahraga yang dapat dinikmati masyarakat itu pun diklaim sebagai bentuk apresiasi pemerintah kepada kawula muda dan pegiat olahraga di Bumi Batiwakkal.

Ke depan Berau tidak akan kesulitan mencari atlet berbakat karena sudah terbentuk dari setiap kampung. Dengan ditopang sarana olahraga yang memadai.

Dengan bekal itu, ia meyakini Berau akan mampu menyabet prestasi yang lebih dari perolehan tahun ini. Targetnya pada Porprov selanjutnya, ialah juara umum.

“Langkah ini semoga menjadi motivasi bagi kepala kampung dan camat, untuk terus menyediakan sarana umum bagi olahragawan di kampung,” ujarnya.

Selain dukungan sarana olahraga, Pemkab Berau juga telah menyiapkan bonus besar sebagai bentuk penghargaan kepada atlet yang berprestasi pada Porprov Kaltim tahun lalu.

Pihaknya pun terus berkoordinasi dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Berau untuk mendata atlet peraih medali. Bersama dengan dinas terkait, dalam hal ini Dispora Berau.

Bonus tersebut bakal dianggarkan pada mata anggaran perubahan tahun ini.

“Insyaallah bonus itu diberikan tahun ini,” ujar Gamalis. (*)

Reporter: Sulaiman