Foto: Bupati Berau Sri Juniarsih saat meninjau kawasan jalan Mantaritip 2021 lalu.

TANJUNG REDEB– Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau, peroleh suntikan anggaran dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Pemprov Kaltim tahun 2023 mencapai Rp 218 Miliar.

Anggaran itu nantinya, akan digunakan untuk membantun sejumlah Insfrastruktur penunjang masyarakat di Kabupaten Berau.

Sekretaris DPUPR Berau, Ismiyanto menyampaikan. Anggaran Rp 218 miliar itu untuk 12 paket pekerjaan yang akan digarap tahun ini.

Salah satu proyek yang akan dikerjakan yakni lanjutan pembangunan akses Mantaritip dan akses wisata di wilayah pesisir.

“Dalam hal jangka pendek, bankeu ini berfokus pada penyelesaian pendukung menuju wilayah yang digadang akan menggantikan pelabuhan Tanjung Redeb di Mantaritip,” katanya, kemarin.

Sementara, untuk jangka panjangnya, pihaknya akajn membangun fasilitas atau sarana dan prasarana di wilayah Biduk-biduk. Dengan demikian, pembangunan ini nantinya akan membantu interkoneksi jalur pendekat melalui Kabupaten Kutai Timur, tepatnya di wilayah Kaubun.

Akses itu nantinya akan memangkas perjalanan hampir 100 km. Selain itu, di sekitar perbatasan antara Berau dan Kutim, juga akan dibangun jembatan penghubung.

Dijelaskannya, perencanaannya juga sudah ada, namun realisasinya masih menunggu anggaran turun. Apalagi, perencanannya juga akan diambil diambil alih oleh Pemkab Kutim.

“Informasinya seperti itu, perencanaannya sudah ada. Realisasinya ingin melalui APBD Kutim, atau Bankeu itu juga bisa,” pungkasnya. (/ADV).