Foto: Suasana wistawan berburu oleh-oleh di Pulau Derawan saat libur lebaran.

TANJUNG REDEB- Libur lebaran Idulfitri Tahun 2023 menjadi momen para pelaku UMKM dalam meningkatkan kesejahteraannya. Khususnya pelaku UMKM di wilayah objek wisata yang berada di Kabupaten Berau.

Apalagi, libur Idulfitri merupakn libur panjang, yang mana mayoritas waktu itu digunakan masyarakat Berau khususnya berlibur. Sudah tentu kunjungn di berbagi wisata menjadi meningkat dari hari biasanya.

“Para pelaku usaha pariwisata, khususnya UMKM dapat benar-benar mengemas produknya sebaik dan semenarik mungkin agar menjadi target belanja wisatawan yang datang,” katanya.

Untuk menarik konsumen pengemasan juga harus diperhatikan selain kualitas rasa. Begitu juga dengan keunikannya. Terpenting, bagaimana higinitas produk yang ditawarkan.

“Saya kira momen seperti ini yang harus diperhatikan para pelaku UMKM di sekitar objek wisata,” jelasnya.

Ia juga berpesan bagi para pelaku usaha pariwisata untuk lebih memperhatikan daerah sekitar terkait kebersihan. Khususnya wilayah strategis yang diperkirakan menjadi tempat berkerumunnya orang banyak.

Di sisi lain, Syarifatul juga berharap, momen liburan pasca lebaran dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para pelaku usaha pariwisata di Kabupaten Berau. Pemkab Berau juga harus selalu memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM agar bisa lebih berkembang.

“Jangan sampai, menjadi penonton di rumah sendiri. Kita harus bisa memanfaatkan setiap momen. Terutama saat momen libur panjang seperti sekarang,” pungkasnya. (/ADV)