Foto: Pertugas kebersihan saat apel bersama

TANJUNG REDEB – Sampah produksi industri dan rumah tangga mendapatkan perhatian serius oleh pemerintah jelang hari raya Idul Fitri 1444 H.

Sebab diprediksi sampah bakal alami peningkatan sejak H-1 hingga H+3 lebaran.

Menurut data DLHK Berau, saat ramadan pertama saja sampah yang berasal dari rumah tangga dan sampah makanan hingga plastik, meningkat hingga 10 ton per hari, di TPA Bujangga.

Pada hari biasa, produksi sampah mencapai 55 ton. Sehingga pada ramadan ini, produksi sampah harian mencapai 65 ton. Dan akan terus meningkat hingga lebaran nanti.

Merespon itu, Wabup Berau Gamalis menginstruksikan kepada OPD terkait untuk mengatur jadwal petugas angkut sampah kala lebaran.

“Saya yakin sampah akan meningkat nanti,” kata Gamalis, Senin (17/4/2023).

Peningkatan aktivitas kerja pegawai DLHK Berau yang bakal meningkat nanti, dirinya bersedia untuk mencarikan insentif tambahan. Demi terjangannya kebersihan Berau selama lebaran.

“Nanti kami carikan alternatifnya. Kami segera koordinasikan sama DLHK,” jelas dia.

Dirinya pun mengakui, bila alat saat ini mesti dibuat kerja lebih keras. Sebab selain banyaknya unit pengangkut sampah yang rusak, alat yang ada saat ini membutuhkan peremajaan.

Sejauh ini, menurut laporan yang ia terima alat tersebut sedang diusulkan untuk perbaikan dengan melibatkan pihak ketiga alias perusaahan di Berau.

Alternatif lain, bilang Gamalis, perusaahan dapat meminjamkan alat berat untuk membantu mengangkat tumpukan sampah di TPA Bujangga.

“Jadi perusaahan bantu-bantu juga lah. Kan sudah dapat untung dari Berau,” ujar dia. (*)

Reporter: Sulaiman