Foto: Bupati Sri Juniarsih saat menjamu kedatangan pimpinan tinggi TNC dunia di rumah dinasnya Jalan Cendana.

TANJUNG REDEB – Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, menerima kunjungan Pimpinan The Natural Conservation (TNC) Dunia, Jennifer Morris bersama Matthew Brown, Direktur Konservasi Global TNC, pada Sabtu (15/4/2023) kemarin.

Pertemuan di rumah jabatan bupati tersebut turut didampingi Direktur Eksekutif Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN), Herlina Hartanto dan Senior Manager YKAN Kaltim, Niel Makinuddin. Selain itu hadir Penjabat Sekretaria Daerah Kabupaten Berau, Agus Wahyudi, Kepala Baplitbang, Nanang Bakran dan Kepala DPMK Berau, Tentram Rahayu.

Tiba di Kabupaten Berau, Jennifer Morris, langsung menjelajahi keindahan alam Bumi Batiwakkal. Bahkan memilih menginap di Kampung Merabu, di pedalaman Kecamatan Kelay. Kepada bupati, Jennifer mengungkapkan kekagumannya akan keindahan alam Berau yang masih terjaga kelestariannya dengan baik. Tidak hanya menginap, CEO TNC ini menelusuri gua yanb meninggal jejak sejarah purbakala di karst Merabu.

TNC sebagai salah satu Non Goverment Organization (NGO) turut berkontribusi dalam mendukung pembangunan lingkungan berkelanjutan di Kabupaten Berau melalui berbagai program yang telah dikerjasaman. Termasuk dukungan dalam program pejuang sigap sejahtera yang kini menjadi pilot project tidak hanya di Kaltim tetapi juga secara nasional.

Bupati Sri Juniarsih Mas mengucapkan terima kasih kepada TNC yang selama ini turut mendukung Pemkab Berau dalam berkomitmen mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Ia berharap program yang selama ini telah berjalan dapat terus berlanjut untuk turut meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Berau.

“Saya ucapkan selamat datang di Kabupaten Berau, semoga memberikan kesan terbaik selama di Bumi Batiwakkal,” ungkapnya.

Tidak hanya menjaga kelestarian hutan yang ada di pedalaman Berau, disampaikan Sri Juniarsih, Berau juga tengah mengisung pembangunan ekonomi biru. Mengkolaborasi pariwisata bahari dengan pengelolaan ekonomi laut secara berkelanjutan.

Untuk itu bupati perempuan pertama di Berau ini berharap TNC dapat memberikan dukungan dalam mewujudkan program ini. (RN/Prokopim)