Foto: LPM Kelurahan Gunung Panjang Kecamatan Tanjung Redeb beserta perwakilan manajemen Berau Coal bagikan 180 paket sembako ke warga tidak mampu, Sabtu (15/4/2023).

TANJUNG REDEB,- Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Gunung Panjang berkolaborasi dengan PT Berau Coal dan mitra kerjanya, salurkan 180 paket sembako kepada 17 Rukun Tetangga (RT) di Kelurahan Gunung Panjang, Sabtu (15/4).

Ketua LPM Gunung Panjang, Daud Yusuf menjelaskan, kegiatan penyaluran ratusan paket sembako itu merupakan rangkaian terakhir dari kegiatan Berkah Ramadan yang diselenggarakan LPM Gunung Panjang bekerja sama dengan Berau Coal dan mitra kerjanya.

“Ini kegiatan rutin yang kami lakukan setiap momentum Ramadhan tiba. Dalam pembagian sembako ini, kami turut didukung oleh Berau Coal bersama mitra kerjanya,” katanya.

Dirinya mengatakan, sebelum menyalurkan paket sembako, pihaknya juga melaksanakan serangkaian kegiatan sosial yakni, berbagi takjil berbuka di masjid, surau dan masyarakat sekitar Kantor Kelurahan Gunung Panjang. Kemudian, menggelar buka bersama dengan tokoh masyarakat dan anak yatim piatu, serta berbagi sembako dan takjil kepada anak panti asuhan di pondok pesantren.

“Adapun penyaluran paket sembako di 17 RT itu dikhususkan bagi masyarakat tidak mampu yang tinggal di Gunung Panjang. Kami sudah terima datanya, berdasarkan pendataan dari ketua RT masing-masing,” jelasnya.

Kelancaran program tersebut dapat terselenggara dengan baik atas dukungan Kelurahan Gunung Panjang dan pihak ketiga yang beroperasi di wilayah sekitar Kelurahan Gunung Panjang, yakni Berau Coal dan mitra kerjanya.

“Kami berterima kasih kepada lurah dan pihak Berau Coal dan mitra kerjanya, yang berpartisipasi secara rutin mendukung setiap kegiatan sosial yang bersinggungan langsung dengan masyarakat,” jelasnya.

External Relation PT Berau Coal, Daud Badaruddin mengatakan, pihaknya mengapresiasi kolaborasi yang berlangsung bersama LPM Gunung Panjang dengan menggelar kegiatan berkah ramadhan bakti sosial yang menyasar warga tidak mampu.

Ia menilai, LPM Gunung Panjang merupakan salah satu lembaga di kelurahan, yang selama ini terus melakukan kolaborasi secara berkelanjutan bersama Berau Coal dan mitra kerjanya.

“Kali ini, Berau Coal dengan mitra kerja, turut berkontribusi menyiapkan sembako, yang dibagikan kepada para duafa yang merupakan warga dari 17 RT yang berada di Kelurahan Gunung Panjang,” ujarnya

“Dalam kegiatan kali ini bukan nilainya yang menjadi ukuran, tetapi kepedulian PT Berau Coal dan mitra kerja yang bisa berpartisipasi secara rutin untuk berbagi kepada masyarakat bersama LPM Gunung Panjang,” lanjutnya.

Adapun tujuan dari dukungan tersebut, agar tercapai sinergitas yang baik antara masyarakat, pemerintah kelurahan beserta lembaga di dalamnya, seperti LPM, hingga RT. “Agar dapat dapat terjalin kerja sama dan kolaborasi secara berkelanjutan, membantu meringankan beban mereka yang membutuhkan,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Ketua RT 05 Kelurahan Gunung Panjang, Yuliana yang mewakili warga RT 05 menyampaikan, rasa terima kasih kepada anggota LPM Gunung Panjang dan PT Berau Coal beserta mitra kerjanya. Yang telah menyalurkan paket sembako kepada warganya yang membutuhkan di RT 05 Kelurahan Gunung Panjang.

“Kami berterima kasih kepada LPM Kelurahan Gunung Panjang, Berau Coal dan mitra kerjanya yang sering memberikan dukungan kepada kami. Kami sangat terbantu sekali dengan adanya bantuan ini. Harapannya, dukungan seperti ini bisa terus berlanjut,” pungkasnya. (ADV)