Foto: Objek wisata Mangrove Tanjung Batu.

TANJUNG REDEB – Komisi III DPRD Berau meminta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Berau lebih memperhatikan fasilitas objek wisata di Kabupaten Berau, agar lebih baik lagi.

Ketua Komisi III DPRD Berau, Saga menilai perlu ada kepedulian lebih dari OPD terkait pengembangan wisata. Bahkan, dirinya juga meminta Pemkab Berau memperhatikan kondisi wisata mangrove yang ada di Kampung Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan. Yang mana saat ini, objek wisata itu memerlukan perhatian agar dapat berkembang.

“Di sana ada beberapa fasilitas yang butuh perbaikan. Kami berharap, Pemkab Berau dapat memberikan dukungan untuk perbaikannya. Begitu juga dengan fasilitas wisata lainnya,” ungkapnya.

Di sisi lain, dia juga meminta penanggungjawab setiap objek wisata dapat lebih peduli terhadap fasilitas yang dikelola. Apakah itu BUMK maupun pihak lainnya. Jangan sampai, objek wisata yang dikembangkan di wilayah itu hanya bertahan sesaat saja.

Apabila kondisi tempat wisata tidak terurus, otomatis wisatawan yang ingin berkunjung kecewa dan tidak ada kepuasan. Akibatnya, tidak lagi yang mau berkunjung ke objek wisata itu. Hal ini kata dia yang dikhawatirkan bisa saja terjadi di Kabupaten Berau, apabila minim kepedulian dari semua pihak yang terlibat.

“Bukannya pemerintah daerah sendiri sempat mengatakan akan memajukan sektor pariwisata dikabupaten Berau. Ya kalau tidak di tindaklanjuti cepat bagai mana mau memajukan pariwisata kalau begitu,” katanya.

Saga berharap, pemerintah daerah atau lebih tepatnya OPD terkait dapat melakukan pemetaan secara cepat, agar semua fasilitas wisata yang menjadi pendongkrak ekonomi dapat lebih maksimal.

“Malu anggaran kita besar tapi fasilitas wisata kita jadi keluhan,” pungkasnya. (/ADV).