Foto: Bupati Berau Sri Juniarsih didampingi pejabat DPUPR Berau resmikan SPAM Long Beliu di Kecamatan Kelay, beberapa waktu lalu.

TANJUNG REDEB- Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) Kampung Long Beliu Kecamatan Kelay, yang dibangun sejak tahun 2020 akhirnya beroperasi. Dan, telah diresmikan oleh Bupati Berau saat melaksanakan Musrembang di Kecamatan Kelay tahun anggaran 2023.

Sekretaris DPUPR Berau, Ismianto menjelaskan, saat ini SPAM tersebut telah beroperasi dan mengaliri 207 sambungan rumah (SR). SPAM tersebut kata dia, menggunakan tenaga PLTS.

“Alhamdulillah sudah beroperasi. Pembangunan SPAM ini merupakan program Pemkab Berau, direncanakan tahun 2019 dan dibangun tahun 2020 secara bertahap,” katanya.

Kedepan, ada wacana dari DPUPR Berau, untuk melengkapinya dengan pompa booster, itu bisa mengaliri kampung yang ada disekitarnya.

Kemudian, untuk alternatif kedua, ada spam yang dibangun oleh APBDN di Sido Bangen, itu bisa dilakukan revitalisasi untuk menunjang pasokan air bersih. Namun perlu ada kominikasi lebih dulu dengan pihak terkait.

“Semoga dengan beroperasinya SPAM Long Beliu itu bisa dijaga oleh pemerintah kampung. Karena air bersih ini merupakam kebutuh utama yang harus direalisasikan,” ujrnya.

Sementara itu, Bupati Berau Sri Juniarsih dengan dioperasikannya SPAM Long Beliu, harapannya dapat memberikan manfaat yang baik untuk masyarakat. Terutama dalam pemenuhan fasilitas air bersih di kampung tersebut.

Lanjut Sri, dengan dibangunnya SPAM itu, menjadi bukti kerja Pemkab Berau memperhatikan wilayah terpencil di Kabupaten Berau. Hanya diakuinya, pembangunan fasilitas dasar belum secara penuh dibangun, mengingat keterbatasan anggaran yang ada.

“Yang jelas pemenuhan fasilitas dasar dilakukan secara bertahap sampai semua kebutuhan atau fasilitas dasar dapat terpenuhi. Saya berpesan fasilitas yang sudah ada dapat dirawat bersama-sama agar dapat digunakan jangka panjang,” pungkasnya. (/ADV)

Reporter: Hendra Irawan