Foto: Kantor PLN Tanjung Redeb

TANJUNG REDEB – Hingga 23 Maret 2023 pemadaman bergilir yang dimulai sejak 21 Februari lalu nampaknya belum ada titik terang kapan akan berakhir. Bak film korea berseri, nasib warga Bumi Batiwakkal terus dirundung sedih.

Sering rasa itu diunkap ke publik. Baik cerita kawula muda di tongkrongan, bahan ghibah ibu-ibu sama tetangga, hingga WAG keluarga dan komunitas.

PLN selalu jadi topik utama dalam setiap perbincangan itu. Semua bertanya, kapan drama pemadam bergilir yang dialami sejak sebulan lalu ini tamat.

Mulai keluhan ikan mati, ternak ayam susah bertelur, hingga perabotan elektronik yang sudah masuk gudang gegara listrik pada secara tiba-tiba.

Kala dikonfirmasi, Kepala Humas PLN UP3 Berau Ragil S Putra, menyatakan defisit listrik dapat segera tertangani bila PLTU Lati kembali normal pada Kamis (23/3/2023) hari ini.

“Dari divisi pembangkitan dan tim PT IPB. Kita doakan, tidak ada kendala perbaikan pada hari ini,” kata Ragil kepada awak berau terkini.

Dirinya memastikan, bila kondisi akan benar-benar normal pada 3 April 2023 mendatang. Karena ditargetkan alat yang disewa oleh PLN dari Surabaya dan beberapa alat dari Gresik dapat terpasang sempurna.

Dari 6 unit yang didatangkan, kini yang baru mendarat di Berau baru 2 unit.

Bila sesuai skema, pemasangan alat akan di mulai pada 31 Maret sampai 2 April 2023. Sehari setelahnya mesin siap dioperasikan.

“Mesin baru sampai 2 unit. Inshallah 3 April unit sudah bisa operasi semua,” harap dia.

Alat sewaan itu, bakal menambah beban daya PLTD Sambaliung sebesar 7 MW. Bila berhasil, maka dipastikan Berau akan surplus listrik ketika beban puncak terjadi.

“Kalau itu berhasil, meski ada salah satu pembangkit mengalami kerusakan. Kami pastikan tidak ada lagi defisit listrik,” ujarnya.

Disinggung ihwal kepastian akhir masa pemadaman bergilir. Ragil enggan memberikan jawaban dan lebih memilih bungkam atas pertanyaan tersebut.

Sebagai informasi, hingga hari ini pemadaman masih dirasakan masyarakat Bumi Batiwakkal. Mulai pukul 18.00 Wita hingga 24.00 Wita malam nanti, masyarakat perkotaan masih akan merasakan pemadaman bergilir.

Informasi lengkapnya, berada dalam postingan di Instagram @berauterkini. (*)

Reporter: Sulaiman