Foto: Pembukaan Pelatihan Basic Mechanic Entry Level, di Balai Mufakat, Tanjung Redeb, Selasa (14/03/2023)

TANJUNG REDEB, – PT Berau Coal dan mitra kerja bersama Pemkab Berau melaksanakan Pembukaan Pelatihan Basic Mechanic Entry Level, di Balai Mufakat, Tanjung Redeb, Selasa (14/3/2023) Kegiatan itu digelar sebagai komitmen Berau Coal dalam pengembangan pendidikan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) lokal.

Program pelatihan tersebut merupakan bagian dari Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Berau Coal pilar pendidikan. Tujuannya, agar dapat menciptakan tenaga kerja yang terampil dan profesional sesuai dengan kebutuhan industri.

Upaya ini dalam rangka mendukung program-program prioritas Pemerintah Daerah Kabupaten Berau di bidang ketenagakerjaan.

External Relations Manager, Muhammad Sulaiman mengatakan, saat ini dunia industri membutuhkan tenaga kerja yang memiliki keahlian khusus. Ia menyebut, saat ini Berau Coal bersama PT Bisa Ruang Nuswantara (Biru) dan PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), menyelenggarakan program pengembangan kompetensi industri untuk masyarakat berupa Pelatihan Basic Mechanic Entry Level.

“Ini merupakan program pelatihan, dan pengembangan SDM, melalui penyelarasan kompetensi industri mekanik alat berat,” ujarnya.

Ia menjelaskan, di dalam program ini PT Berau Coal mengutamakan pemberdayaan masyarakat lokal yang telah terseleksi sebelumnya. Tercatat, sebanyak 21 peserta yang mengikuti program ini akan mendapatkan materi mekanik alat berat selama 3 sampai 4 bulan.

“Para peserta kami pilih dari wilayah kampung yang masuk dalam lingkar tambang. Mereka juga nantinya akan mendapatkan sertifikasi, keahlian atau lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP),” jelasnya

Dirinya menambahkan, pihaknya berkomitmen pengembangan SDM Lokal ini juga dilaksanakan oleh para mitra kerja PT Berau Coal secara konsisten, dengan melakukan upaya-upaya yang terencana dalam pengembangan dan penyerapan tenaga kerja lokal di Kabupaten Berau sehingga terjadi link dan match antara ketersediaan tenaga kerja dan kebutuhan industri.

“Untuk itu, kami ucapkan apresiasi dan terima kasih bagi seluruh mitra kerja yang telah melakukan upaya-upaya tersebut dan kita akan terus tingkatkan upaya-upaya ini di masa mendatang demi mendukung kemajuan Kabupaten Berau,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Berau Sri Juniarsih melalui Asisten I Setkab Berau mengatakan, Atas nama Pemerintah Kabupaten Berau, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal, yang kembali menyelenggarakan program pelatihan kompetensi bagi siswa Berau .

Pendidikan vokasi ini kata dia, menjadi sangat penting dalam upaya pemenuhan kebutuhan tenaga kerja. Terlebih di dunia persaingan kerja di era kekinian. Apalagi, Tidak dapat dipungkiri bahwa, angkatan kerja dengan kemampuan spesifik, menjadi kebutuhan utama hampir di seluruh bidang usaha. utamanya di lingkar industri.

“Kami berharap, program ini dapat mempersiapkan tenaga kerja lokal yang memiliki keahlian dan keterampilan di bidangnya, siap kerja, tersertifikasi, dan mampu bersaing secara global,” katanya

Atas nama Pemkab Berau, dia mengucapkan, selamat kepada para siswa yang terpilih untuk mengikuti kegiatan pelatihan. Pemkab Berau sangat mendukung program-program, peningkatan kualitas pendidikan semacam ini.

Diterangkannya, hal tersebut sejalan dengan misi Pemkab Berau, dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang cerdas, sejahtera, dan berbudi luhur. Pihaknya berharap, program ini dapat terus dipertahankan, sehingga bermanfaat bagi anak-anak kita dalam menempuh pendidikan sampai dengan terserap menjadi tenaga kerja di kampung sendiri.

“Kami menekankan kepada Berau Coal, dan perusahaan lainnya, serta segenap penyedia lapangan kerja agar memprioritaskan tenaga kerja lokal Berau. Karena tenaga kerja lokal, adalah tanggung jawab kita bersama, yang kesejahteraannya harus menjadi prioritas,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Berau, Masrani menilai, program pelatihan yang digelar Berau Coal merupakan kegiatan positif. Dan secara tidak langsung mendukung Pemkab Berau merealisasikan 18 program prioritas.

“Tentunya ini nanti akan bersinergi dengan Berau Coal dan mitra kerjanya untuk merekrut SDM lokal dan melakukan magang, baik sebagai operator mekanik maupun bidang keterampilan lainnya,” ujarnya.

Pimpinan PT Bisa Ruang Nuswantara, Kristianto mengatakan, hal yang menjadi tujuan pokok, yaitu bagaimana berkolaborasi membantu membangun pemberdayaan masyarakat Berau, agar memiliki akses keterampilan. Dengan demikian, SDM Berau yang mengikuti pelatihan mendapatkan akses pekerjaan yang lebih baik dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Di antara bekal keterampilan yang diberikan yaitu terkait wawasan kebangsaan, perilaku, setelah itu, pendidikan dan keterampilan sesuai kebutuhan industri,” terangnya.

Dijelaskannya, program ini merupakan kolaborasi antara PT Berau Coal, PT Bisa Ruang Nuswantara, dan PT BUMA. Dengan kolaborasi 3 perusahaan itu, menjadi inovasi yang kuat dalam melahirkan SDM yang siap bekerja.

“Kami memfasilitasi cara belajarnya, Berau Coal sebagai pimpinan membangun komunitasnya, dan BUMA berperan aktif dalam keterlibatannya untuk menyediakan lokasi praktik kerjanya,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan, Ade Irfan Setiawan, berterima kasih kepada Berau Coal dan mitra kerjanya karena telah membuka kesempatan mengikuti pelatihan.

“Saya berkomitmen mengikuti pelatihan sampai selesai. Saya ucapkan terima kasih kepada Berau Coal, yang telah memberikan saya kesempatan untuk mengikuti pelatihan mekanik ini,” pungkasnya. (/adv)