Foto: Pelepasan Bendera Kirab Pemilu oleh KPU Kaltara dan Kaltim di Kabupaten Berau, Rabu (15/03/2023) sore.

TANJUNG REDEB- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltara secara resmi menyerahkan bendera kirab Pemilu 2024 kepada KPU Kaltim melalui KPU Berau. Itu dilakukan setelah pelaksanaan kirab di Kaltara tuntas, yang dimulai dari 14 Februari 2023 lalu.

Pelaksanaan kirab KPU sendiri bertujuan untuk melakukn sosialisasi terkait pelaksanaan pemilu serentak 2024 mendatang. Agar, keikutsertaan masyarakat dapat meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Serta pelaksanaannya pun dapat lebih baik dari segi kualitas dan kuantitas.

Ketua KPU Kaltara, Suryanata Al Islami mengatakan, KPU RI menunjuk Kaltara sebagai salah satu provinsi yang menjadi titik awal pelaksanaan kirab. Dan saat ini, sudah dilakukan selama 1 bulan penuh, dan harus berganti ke KPU Kaltim sesuai dengan urutan rutenya.

“Di kaltara sendiri, pelaksanaan kirab Pemilu terakhir di Kabupaten Tanah Tidung. Dan mengantarkan kembali kirab itu ke KPU Provinsi, untuk selanjutnya kami dampingi mengantarnya ke KPU Berau,” katanya.

Dalam penyerahan kirab tersebut, dia mengaku mendapat sambutan hangat dari Ketua KPU Berau, Budi Harianto, yang didampingi langsung oleh Ketua KPU Kaltim, Rudiansyah. Selanjutnya kirab ini, akan dibawa ke seuruh daerah di Kaltim sebelum nantinya, kirab ini diserahkan ke provinsi lain, sesuai rute yang telah ditetapkan KPU RI.

“Harapannya, dengan adanya kirab ini, sosialisasi yang disampaikan terkait dengn Pemilu serentak 2024 dapat menambah jumlah partisipasi keikutsertaan pemilu dari tahun sebelumnya. Baik secera kualitas maupun kuantitasnya,” pungkasnya. (*)

Reporter: M.S Zuhrie