Foto: Engky Pesek saat gelar Talk Show di Gedung Widargo Polres Berau

TANJUNG REDEB- Relawan Engky Peduli Sesama Kucing atau Engky Pesek yang bergerak pada perlindungan kucing jalanan, menggelar talk show interaktif terkait kesehatan dan penyakit kucing, Minggu (12/03/2023) di Gedung Widargo, Jalan Pemuda, Tanjung Redeb.

Acara yang diisi dokter hewan dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Berau, Iwan Kadianto, serta dari Sanvet357 dr Sistomo Adi Nugroho, berlangsung lancar.

Sepanjang acara, banyak materi yang dibawakan oleh dua narasumber. Diantara bagaimana mendeteksi penyakit pada kucing, apa jenis penyakitnya, hingga bagaimana penanganan yang harus dilakukan.

Selain itu, beragam pertanyaan dilontarkan dari peserta talk show, yang terdiri dari para cat lovers. Relawan Engky Pesek, Toto menjelaskan, diadakannya talk show interaktif kepada cat lovers Berau, tidak lain ingin memberikan kemudahan dalam merawat kucing.

Terutama bagaimana caranya, agar kucing yang diadopsi bisa terhindar dari penyakit. Dan, kalaupun mengalami gejala kesehatan bisa diantisipasi dengan baik.

“Ini kami laksanakan secara gratis. Demi membantu para cat lovers Berau dalam merawat kucing yang diadopsinya. Bahkan kami juga hadirkan dua narasumber berkompeten di bidangnya,” jelasnya.

Sementara itu, relawan Engky Pesek lainnya, Denny juga mengungkapkan senada. Kegiatan ini digelar sekaligus sebagai bentuk kepeduliannya terhadap keberadaan kucing liar di Kabupaten Berau.

Sebab kata dia, saat ini cukup banyak kucing liar yang hidup di jalanan mendapatkan perlakuan kurang baik bagi sebagian orang. Bahkan, ada yang menyakitinya dengan menembaknya, ada juga yang tertabrak kendaraan, dan mati kelaparan.

“Ini bawaan dari hati nurani saja. Jadi, melalui event ini kami mengajak kita semua lebih peduli lagi terhadap kucing liar dan terlantar, ” jelasnya.

Engky Pesek sendiri sudah berdiri kurang lebih baru setahun. Di mana kegiatannya terfokus pada tindakan medis bagi para kucing terlantar dan penanganan disabilitas yang mengalami gangguan kesehatan.

Bahkan, pihaknya juga beberapa kali melakukan tindakan medis dengan bekerjasama dengan dokter hewan yang ada di Berau. Seperti melakukan bedah kepada kucing liar yang mengalami tumor.

“Bahkan kami juga sempat melaporkan seseorang warga yang dengan sengaja menembak kucing liar di Berau. Karena, menyakiti binatang termasuk kucing itu ada pasalnya,” Katanya

Engky Pesek dikatakannya, saat ini melakukan perlindungan kucing liar dengan cara rescue mandiri. Mereka juga memiliki dana khusus untuk melakukan perawatan dengan melibatkan dokter hewan di Berau.

“Seperti misalnya melakukan operasi. Setelah tindakan medis itu, kami akan rawat sampai kembali sehat. Dan itu akan dirilis kembali apabila tidak ada yang mengadopsinta, karena kami belum memiliki shelter khusus untuk penampungan,” pungkasnya. (/)

Reporter: Hendra Irawan