Foto: Alat Hiperbarik di Puskesmas Tanjung Batu.

TANJUNG REDEB- Bupati Berau Sri Juniarsih meminta alat hiperbarik yang ada di Puskesmas Tanjung Batu dapat segera difungsikan. Pasalnya, Berau sebagai daerah yang memiliki destinasi wisata bahari terlengkap, keberadaan hiperbarik sangat penting.

“Hingga saat ini hiperbarik masih belum difungsikan dengan maksimal, karena belum ada SDM. Sementara, hiperbarik ini merupakan fasilitas kesehatan yang harus ada di tempat wisata,” ungkapnya, kemarin.

Untuk itu, dirinya meminta fasilitas hiperbarik tersebut dapat segera dioperasionalkan oleh OPD terkait, khususnya Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau. Karena, alat tersebut kata Sri diadakan dengan anggaran yang cukup besar, sudah sewajarnya dimanfaatkan dengan baik.

Apalagi, dengan tingginya pengunjung atau wisatawan yang datang melakukan diving di perairan Pulau Derawan, berpotensi mengalami insiden yang tidak diinginkan. Seperti terjadinya dekompresi yang membutuhkan terapi dari hiperbarik.

“Hiperbarik ini merupakan sarat penting untuk daerah wisata bahari. Makanya, karena ini sudah dianggarkan dengan biaya besar, harus dimanfaatkan sesuai dengan fungsi dan tujuannya,” pungkasnya. (*)

Reporter: Hendra Irawan