Foto: Kodim 0902/Berau saat menggelar pertemuan dengan sejumlah ormas.

TANJUNG REDEB– Demi menjaga kondusifitas kamtibmas, dan kerukunan warga, Komandan Kodim (Dandim) 0902/Berau, Letkol Inf Dony Fatra, menggelar silaturahmi dengan Tokoh Masyarakat, Ormas dan Pemuda di wilayah Bumi Batiwakkal Kabupaten Berau.

Kegiatan ini merupakan kegiatan silaturahmi, sekaligus sebagai wadah cegah (antisipasi) dini dari setiap permasalahan, guna meminimalisir potensi konflik yang terjadi di Bumi Batiwakkal.

“Kami ingin, keberadaan ormas di Berau ini, memberikan rasa aman, mengayomi, peduli kepada sesama masyarakat. Dan sama-sama menjaga kamtibmas di Kabupaten Berau,” jelasnya.

Silaturahmi yang digelar di Gedung P. Tendean Makodim 0902/Berau Jalan Pulau Semama Kec. Tanjung Redeb Kab. Berau, turut diikut oleh Forkopimda atau yang mewakili, Ketum IKKB Bajau, Ketua DPC Laung Kuning Banjar Kab. Berau, Ketua Dewan Adat Dayak, Kepala Lembaga Adat Dayak Kenyah, Sekjen DPC KPADK Kab. Berau, Sekjen PM TBBR, DPW Berau PM TAB, Banuanta Bersatu, dan Para Perwira Kodim 0902/Berau serta tamu undangan lainnya.

Dari kegiatan itu, ada beberapa poin penting yang disampaikan oleh Dandim 0902/Berau.

Diantaranya, membangkitkan motivasi dan karakter diri sendiri dan juga anggota yang berada dibawah naungan ormas tersebut. Sesuai dengan tujuan sesuai visi misi ormas tersebut dibentuk.

“Setiap kegiatan pasti ada motivasinya, apakah itu baik maupun tidak. Tinggal dari kita lagi motivasi mana yg kita ambil, karakter itu bisa dibentuk dari pengalaman dan lingkungan,” ujarnya perwira jebolan kopassus itu.

Lanjut Dony, pemimpin itu lahir dan dibentuk dari berbagai pengalaman yang telah dilalui. Tidak itu saja, di era digital saat ini, tentu harus diisi dengan wawasan yang bermanfaat dan sigap menyikapi dalam mencari informasi yang benar. Seperti isu kasus penculikan yang saat ini beredar di Berau, yang sempat membuat khawatir masyarakat.

Dirinya jug berpesan, keberadaan ormas di Bumi Batiwakkal, dapat memberikan edukasi kepada anggota sendiri dan masyarakat Berau, tanpa membeda-bedakan suku, ras, maupun agama.

“Saya yakin, ormas berdiri memiliki tujuan baik dan ingin melestarikan adat budaya. Saya ingin ormas yang ada di Berau dapat bermanfaat bagi anggota yang ada di dalam nya dan memiliki kontribusi yang positif bagi pemerintah Kabupaten Berau,” tegasnya.

Dia juga mengimbau, Kodim 0902/Berau memiliki 11 Koramil, yang tersebar di masing-masing kecamatan. Untuk itu, setiap ormas yang sudah berdiri di kecamatan, rutin melakukan koordinasi dengan Koramil di wilayahnya.

“Dengan koordinasi yang baik, dapat meningkatkan sinergitas yang baik dalam menjaga kamtibmas di Bumi Batiwakkal, khususnya di wilayah setempat,” pungkas.

Kegiatan inipun sangat di apresiasi oleh perwakilan ormas yang hadir. Dan diharapkan, kegiatan itu dapat dilaksanakan secara berkesinambungan. (/)