Foto: Ketua Komisi III DPRD Berau, H Saga

TANJUNG REDEB- Ketua Komisi III DRPD Berau, Saga, meminta Pemkab Berau tambah anggaran untuk pengembangan destinasi pariwisata di Bumi Batiwakkal.

Karena menurutnya, banyak fasilitas pendukung di sejumlah objek wisata yang masih belum begitu maksimal, dan memprihatinkan. Sementara, Pemkab Berau selalu mendorong promosi wisata besar-besaran tanpa membenahi fasilitas yang ada.

“Jangan sampai, ketika datang wisatawan kecewa. Karena promosi yang diberikan tidak sesuai dengan realita di lapangan,” katanya.

Ada beberapa destinasi wisata yang menurutnya masih perlu diperhatikan dan dibenahi, seperti objek wisata air panas, labuan cermin, Pulau Maratua, Derawan, dan objek wisata lainnya di Kabupaten Berau.

Meskipun sudah cukup dikenal luas, namun dari segi insfratruktur masih kurang. Untuk kata Saga, di tahun 2023 ini, Pemkab Berau dapat memprioritaskan pembenahan fasilitas dari semua destinasi wisata. Agar wisatawan yang datang, dapat beraktivitas dengan baik dan nyaman.

“Makanya ini harus diiringi dengan anggaran yang cukup. Karena yang pertama dilihat adalah bagaimana fasilitas destinasi wisatanya. Kemudian wisatawan menikmatinya. Kalau dari awal sudah tidak nyaman, maka selanjutnya juga tidak nyaman,” terangnya.

Dirinya berharap, Pemkab Berau dapat lebih memprioritaskan keberadaan fasilitas ditempat wisata, mulai menyiapkan tempat sampah, menata pedagang UMKM yang berjualan di sekitar lokasi wisata, hingga pembenahan wisata itu sendiri.

Mumpung anggaran daerah cukup besar, tidak ada salahnya menganggarkan lebih untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan yang datang.

“Ini semua untuk kenyamanan wisatawan yang datang. Karena kita ingin, apa yang disampaikan, dan dipromosikan secara luas, itu sesuai dengan yang ada di lapangan. Kita juga ingin, ketika merek datang, membawa kesan positif ketika merek pulang,” pungkasnya. (/ADV)