Reporter : Hendra Irawan
|
Editor : Suriansyah

TANJUNG REDEB – Kondisi TK (Taman Kanak-Kanak) Pembina di Kampung Talisayan, Kecamatan Talisayan, Kabupaten Berau dikeluhkan, karena penuh sesak. Akibat kesesakan itu, Dinas Pendidikan (Disdik) setempat berencana bakal menambah ruang kegiatan belajar (RKB).

Kondisi bangunannya yang hanya 3 lokal, sementara jumlah siswa membludak, tentu menjadi kendala tersendiri bagi sekolah TK Talisayan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Pembinaan Paud dan Pendidikan Masyarakat, serta Bahasa dan Sastra, Dinas Pendidikan Berau, Elly Kusuma Wijaya, membenarkan kondisi tersebut.

“Memang di sana ruang kegiatan belajarnya kurang. Tiga ruangan yang ada penuh oleh anak-anak ,” jelasnya mengakui, Senin (8/7/2024).

Untuk penerimaan murid di TK tersebut, katanya, sudah berdasarkan usia, yakni kelas B untuk usia 5-6 tahun. Sedangkan untuk kelas A usianya 4-5 tahun.

Adapun pembagian kelas di TK di Kampung Talisayan tersebut, 2 lokal untuk kelas A dan 1 lokal untuk kelas B.

“Karena banyak orang tua yang antusias menyekolahkan anaknya di TK, sehingga jumlah pesertanya melampaui batas. Yang tadinya 25 anak untuk satu lokal, menjadi 30 anak dalam satu ruangan,” jelasnya.

Untuk mengatasi itu, pihaknya dari Dinas Pendidikan Berau, akan menambah bangunan TK tersebut, agar tidak ada lagi orang tua yang mengeluh anaknya tidak kebagian kelas.

“Di tahun 2024, memang ada penambahn RKB dua lokal di TK Pembina Negeri di Talisayan. Sekarang masih proses lelang. Insya Allah tahun ini selesai,” paparnya. (*)