TANJUNG REDEB – Sebanyak 7 ribu lebih, tepatnya 7.765 wisatawan lokal mengunjungi objek wisata di Kecamatan Bidukbiduk yang berada di wilayah Kabupaten Berau, sepanjang libur Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

objek wisata yang paling banyak dikunjungi di “Bumi Batikkawal” itu, yakni Lamin Guntur, Pulau Kaniungan, Labuan Cermin, hingga air terjun Bidadari.

Seolah, isu buaya yang kerap terlihat di perairan Labuan Cermin tidak menghalangi antusias ribuan masyarakat untuk datang berwisata.

Camat Bidukbiduk Hasmawi, menyampaikan kunjungan wisatwan Bidukbiduk meningkat tajam, meskipun objek wisata Labuan Cermin yang merupakan primadona di sana belum dibuka sepenuhnya.

“Alhamdulillah, dari data yang saya dapat, sebanyak sedikitnya 7.765 pengunjunt datang berwisata ke sini. Dan data itu, belum dijumlahkan dari data pengunjung yang ke Pulau Kaniungan,” paparnya, Selasa (2/1/2024).

Membludaknya pengunjung pada libur Nataru ditandai padatnya wisatawan di sekitar objek wisata, termasuk seluruh resort, penginapan, hingga homestay di sana penuh.

Bahkan, tidak sedikit pengunjung yang datang mendirikan tenda di sejumlah titik, karena tidak kebagian tempat menginap.

Disebutkan mantan Kabid Sarpras di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Berau ini, favorit kunjungan wisatawan yakni, Pulau Kaniungan, Lamin Guntur, Labuan Cermin, Sungai Serau, Kuliner Giring-giring hingga kuliner Kampung Teluk Sulaiman.

“Wisatawan mulai memadati Bidukbiduk mulai libur natal hingga puncaknya pada pekan keempat Desember 2023,” terang mantan Kabid Sarpras di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Berau ini.

Sementara, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bidukbiduk Randi Ade Chandra, menyebut mengenai Labuan Cermin saat ini sudah bisa dikunjungi, bahkan sudah bisa berenang di sekitar dermaganya.

Hanya saja, sifatnya masih percobaan, menunggu lounching dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta BKSDA Kaltim.

“Pada 31 Desember itu, sudah dipastikan buaya sudah keluar semua dan percobaannya dimulai dari 1 Januari. Ada dua pengawas yang ditempatkan di sana,” katanya.

Dengan kembali dibukanya Labuan Cermin untuk umum tersebut, kunjungan wisata di Bidukbiduk mulai kembali bergairah dan meningkat. Itu terlihat dari ramainya wisatawan yang datang ke Bidukbiduk pada libur Nataru.

“Kunjungan semakin meningkat, tapi untuk Labuan Cermin, kunjungannya belum terdata,” jelasnya.

Sementara itu, Danposal Teluk Sulaiman M Solekhan, menyebut situasi pengunjung selama Nataru berjalan lancar dan aman, karena pengunjung cukup patuh dengan instruksi dan aturan selama berwisata.

“Kami juga mengimbau agar para wisatawan yang datang ke Bidukbiduk, meskipun bukan di hari libur besar, selalu memakai alat keselamatan, terutama life jacket saat berlayar ke Pulau Kaniungan,” sarannya. (/)

Reporter : Hendra Irawan

Editor : s4h