Penulis : admin

KUKAR,- Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memang beda. Sepanjang kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah – Rendi Solihin, Pemerintah Kabupaten Kukar banyak menggelar festival dan konser besar menghadirkan artis tenar. Semuanya gratis.

Salah satunya Festival Seni Budaya Nusantara yang sukses digelar di Halaman Kecamatan Muara Badak, Minggu, 22 Oktober 2023 malam.

Festival yang menghadirkan bintang utama grup band rock legendaris Indoensia, Jamrud ini berhasil menyedot ribuan orang dari berbagai daerah di Kaltim.

Festival ini merupakan salah satu rangkaian dari program Kutai Kartanegara Kaya Festival (K3F). Program dedikasi Bupati dan Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah dan Rendi Solihin ini menargetkan 100 festival hingga 2024 mendatang.

“Banyak kabupaten yang ikuti konsep menggratiskan festival. Tapi belum ada yang seperti Kutai Kartanegara. Berkeliling menggelar festival besar keliling di seluruh kecamatan,” ungkap Rendi Solihin ketika membuka festival.

Rendi menjelaskan, festival besar dan gratis keliling kecamatan ini sebagai bagian dukungan talenta muda di masing-masing kecamatan.

Selain itu, juga dukungan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di sekitar lokasi konser.

“Kita bantu pedagang di Kecamatan Muara Badak tumbuhkan ekonomi Kukar yang berkelanjutan,” ungkapnya.

Komitmen nyata itu bisa dilihat langsung. Malam itu, ada sekitar 40 tenda UMKM yang ramai dikunjungi penonton.

Dalam beberapa kesempatan meliput festival di Kukar, para pedagang mengaku bisa meraih omzet berkisar ratusan hingga jutaan rupiah per hari selama festival berlangsung.

Melihat hal tersebut, Pemkab Kukar sambung Rendi berkomitmen melanjutkan K3F di 2024 mendatang. (advdiskominfokukar)