Penulis : admin

TANJUNG REDEB –  Kesiapan Berau menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022 terus diuji. Satu di antara sekian banyak venue yang disiapkan adalah Stadion Mini Olympic di Kecamatan Teluk Bayur yang pembangunannya sudah mencapai 80 persen. Untuk merampungkan pekerjaan yang tersisa 20 persen, Pemkab Berau juga masih kekurangan dana.

Hal itu diketahui saat Bupati Berau, Sri Juniarsih dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau, Taupan Madjid melakukan tinjauan lapangan. Hingga akhir 2021, Pemkab Berau menyiapkan tambahan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan.

 “Kita menyiapkan beberapa anggaran sampai dengan akhir 2021, ada tambahan Rp 18 miliar lagi dari APBD Perubahan,” ujar Bupati, Senin 20 September 2021.

Bukan hanya bersumber dari Anggaran Perubahan 2021 ini, untuk memenuhi kekurangan pembangunan, Pemkab Berau tahun depan akan mengusahakan lagi mendapat Bantuan Keuangan dari Provinsi sebesar Rp 26 miliar.

Sampai dengan saat ini pembangunan stadion mini di Teluk Bayur, berdasarkan kontrak tahun jamak anggarannya mencapai Rp 51 miliar. Namun dana tersebut telah habis terserap sementara pembangunannya belum rampung.

“Anggarannya kurang maka akan dilakukan penambahan di (APBD) perubahan dan tahun depan. Kalau dihitung-hitung jadi total kebutuhan anggarannya mencapai Rp 95 miliar,” bebernya.

Bupati berharap, pembangunan stadion ini bisa  segera rampung maksimal pada pertengahan 2022 mendatang.  Sebelum nanti akan dilakukan uji coba selama satu bulan untuk persiapan menjadi tuan rumah Porprov 2022.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Taupan Madjid menyebut sejauh ini semua pekerjaan berjalan dengan lancar meskipun dalam kondisi pandemi. Bahkan proyek pembangunan stadion ini juga menyerap tenaga kerja dari warga sekitar terutama kaum ibu-ibu.

Taupan menyebut, sejumlah komponen yang masih harus dikebut pengerjaannya hanya proses finishing. Seperti pemasangan kursi penonton, pembangunan arena atletik. Kemudian untuk area parkir, genset dan pemasangan lampu agar bisa digunakan malam hari, serta jalan masuk ke stadion.

“Ya kita berdoa mudah-mudahan sukses ini pelaksanaannya, sukses medali kita dan sukses juga ekonominya. Karena kita harapkan semua bisa terjadi perputaran ekonomi dengan baik di sini,” pungkasnya.(*)

Editor: RJ Palupi