Penulis : admin

TANJUNG REDEB-Kepala Dinas Kesehatan Berau, Iswahyudi mengklaim pengoperasian alat PCR di RSUD dr Abdul Rivai akan dilaksanakan Jumat, 20 Agustus 2021 mendatang. Dijadwalkan, pengoperasian alat itu akan diresmikan langsung oleh Bupati Berau, Sri Juniarsih.

Menurut Iswahyudi, dengan adanya alat PCR di rumah sakit, tentu akan mempermudah pelayanan pemeriksaan kepada orang-orang yang memiliki gejala Covid-19.

Selain untuk tracing, PCR di RSUD dr Abdul Rivai juga nantinya akan melayani masyarakat umum. Seperti, masyarakat yang hendak melakukan perjalanan ke luar daerah.

Dengan beroperasinya alat itu, dipastikannya nanti harga yang diterapkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Kalau klinik swasta tidak mau menurunkan harga, tidak usah pusing. Nanti di RSUD harga tidak akan naik. Pokoknya sesuai dengan yang diatur Kemenkes,” ujarnya, Rabu, 18 Agustus 2021.

Menurutnya, dengan adanya alat PCR di rumah sakit. Tentu juga akan memperkecil potensi kesalahpahaman antara keluarga pasien dengan Satgas Covid-19. Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Kalau rumah sakit yang periksa, tentu hasilnya akan lebih cepat keluar. Dan mereka tahu, mana yang duluan harus diperiksa dan mana yang bisa ditunda sebentar,” bebernya.

Sementara itu, Direktur RSUD dr Abdul Rivai, Nurmin Baso mengatakan, proses perizinan telah rampung. 30 sampel yang dikirimkan ke Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Jakarta telah sesuai.

“Alhamdulillah semua sesuai. Jadi bisa dioperasikan dalam waktu dekat,” singkatnya. (*/adv)

Editor: Bobby Lalowang