Penulis : admin

Foto: Bupati Berau Sri Juniarsih

TANJUNG REDEB, – Ditengah kendala belum pastinya anggaran penunjang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022,Pemkab Berau tetap optimis bisa terlaksana. Pasalnya Panitia Besar (PB) Porprov mengungkapkan hingga saat ini belum ada dana transfer dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim untuk pelaksanaan Porprov Kaltim ke-VII.

Bupati Berau, Sri Juniarsih mengungkapkan, APBD Berau untuk pelaksanaan Porprov hanya tersisa Rp 4 miliar. Sementara kekurangan anggaran yang masih dibutuhkan jauh dari ketersediaan tersebut.

Bupati yang juga Ketua PB Porprov menuturkan, Gubernur Kaltim, Isran Noor menyampaikan bahwa Pemprov akan di dukung dengan anggaran mencapai Rp 100 miliar.

Namun, saat dikonfirmasi ke pihak Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kaltim, anggaran yang ada hanya Rp 25 miliar.

Selain itu, anggaran dari provinsi yang telah pasti ada di APBD Provinsi sebesar Rp 50 miliar. Anggaran tersebut berada di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim.

“Kita juga berusaha melakukan negosisasi agar anggaran dari Rp 25 miliar tersbut bisa naik menjadi Rp 75 miliar. Tetapi hingga sekarang belum ada kepastian,” jelasnya, Rabu (2/2/2022).

Mengingat masih ada dua vanue yang harus dibangun, yakni Gedung Behampas dan Sport Hall maka anggaran harus segera didapatkan.

“Ketika harus dilaksanakan di tahun ini artinya kita harus memastikan bahwa provinsi sudah siap dengan anggarannya. Kalau diundur juga persiapan yang dilakukan juga bisa lebih matang. Tentunya Kita berharap bisa menjadi tuan rumah yang baik dengan persiapan yang matang,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Berau, Taupan Madjid menuturkan, pihaknya sanggup untuk menyelesaikan pembagunan dua vanue untuk Porprov, namun dengan catatan anggaran segera tersedia. Ia menjelaskan, waktu minimal yang diperlukan adalah enam bulan.

“Kalau kita hitung ini belum pasti kalau anggaran turunnya di bulan maret atau april, ditambah lelang dua bulan jadi waktunya mepet tetapi bisa kita usahakan agar terkejar. Enam bulan pengerjaan itu kita lakukan siang malam,” jelasnya.

Kendati begitu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Berau, Al Hamid optimis Porprov dapat terselenggara di Bulan November 2022 mendatang. (*)