Reporter : Sulaiman
|
Editor : Suriansyah

TANJUNG REDEB – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, berjanji bakal mengawal dan mempercepat proses akselerasi penobatan kawasan pulau-pulau di Kabupaten Berau untuk masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

Wacana tersebut sebenarnya pernah digulirkan medio 2017 lalu. Dimana Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) menggulirkan kabar Pulau Maratua telah disiapkan untuk masuk dalam masterplan KEK Pariwisata Nasional.

Saat itu, sarana dan prasarana serta fasilitas yang dibangun pemerintah, baik provinsi maupun kabupaten dan pusat cukup memadai, sehingga layak Maratua dijadikan KEK. Belum lagi keberadaan Bandara Maratua, dianggap sebagai faktor pendukung yang cukup strategis.

Mas Menteri menyebut, pihaknya akan siap mengawal proses tersebut setelah mendapatkan usulan resmi dari pemerintah daerah.

“KEK Pariwisata sangan memungkinkan. Selama diajukan ke kami, akan kami kawal,” kata Sandi Uno, kala ditemui awak media disela kesibukannya di Pulau Maratua, Selasa (3/7/2024) malam.

Selain menyiapkan proposal pengajuan KEK Pariwisata ke Kemenparekraf RI, Sandi Uno, membeberkan beberapa kebutuhan penting untuk menunjang terwujudnya KEK di Berau.

Pertama, memastikan kawasan dan lahan untuk pengembangan ekonomi khusus. Kedua, pembuatan regulasi untuk kemudahan investasi di daerah. Ketiga, masterplan pembangunan dan terakhir kelengkapan dokumen pendukung.

“Berkas itu yang nanti bisa kami dorong di dewan KEK,” terangnya.

Disebutkannya, komitmen tersebut telah terwujud di beberapa daerah wisata unggulan di Indonesia. Seperti di Jakarta dan Bali. Dimana, kedua wilayah tersebut tidak menunggu waktu lama dalam mengurus kebutuhan syarat administrasi.

“Sekarang sudah era birokrasi digital, semua sudah serba cepat dan mudah,” jelasnya.

Sementara, Bupati Berau, Sri Juniarsih, menyatakan sejauh ini pihaknya telah bergerak untuk mematangkan langkah tersebut, dibantu dengan tim di Pemprov Kaltim.

Bahkan, saat ini telah terbentuk tim percepatan pembangunan di Maratua yang dikomandoi oleh mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltim, Meiliyana.

“Jadi sekarang tim sudah bergerak. Bahkan dikerjakan juga untuk pengembangan ekonomi biru di Maratua,” terangnya.

Pihaknya menyambut baik niat Mas Menteri yang siap untuk memfasilitasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau untuk mewujudkan KEK di “Bumi Batiwakkal”.

Ke depan, pihaknya bakal segera memenuhi kebutuhan administrasi, sebelum berkas diserahkan ke Kemenparekraf RI di Jakarta.

“Terima kasih banyak atas kesiapan Mas Menteri untuk mau memfasilitasi kami membangun KEK Pariwisata Nasional,” ucapnya. (*/ADV)