Reporter : Sulaiman
|
Editor : Suriansyah

TANJUNG REDEB – Destinasi wisata Pulau Derawan yang  ada di wilayah Kabupaten Berau, menurut penilaian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno, bisa memiliki potensi menjadi desa wisata terbaik se Indonesia.

Kemungkinan itu disampaika  Menparekraf Sandiaga Uno, dalam lawatannya ke “Bumi Batiwakkal” dalam rangkaian kurasi desa wisata yang masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024, pada Selasa (2/6/2024).

Saat tiba di Pulau Derawan, salah satu finalis 50 ADWI, Sandiaga Uno, mengutarakan kekagumannya atas destinasi wisata yang masuk dalam kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) tersebut.

Menurutnya, Derawan layak menjadi salah satu destinasi wisata terbaik se-Indonesia.

“Saya katakan, Derawan sebagai destinasi wisata terbaik di Indonesia,” sebutnya.

Hanya saja, untuk secara sah label tersebut diberikan, maka harus melalui proses kurasi oleh dewan penilai dari ADWI 2024 ini.

Mas Menteri bilang, mulai dari destinasi wisata, kerajinan tangan, cenderamata, produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) hingga karakter masyarakat yang ramah terhadap wisatawan, memberikan peluang besar terhadap Derawan untuk mendapatkan status terbaik tersebut.

Saat ini, pihaknya telah menyusun rencana penguatan ekonomi kreatif dan ekosistem pariwisata yang dapat digunakan oleh daerah untuk mengembangkan destinasi pariwisata.

“Kita sudah lihat bersama tadi, mulai dari penyambutan sampai ke titik ini, kita memiliki pengalaman yang baik selama berada di sini,” ucapnya memuji.

Diharapkan, dengan segala upaya yang dilakukan Kemenparekraf ke depannya untuk wisata Kabupaten Berau bisa menjadi wisata Berau menjadi nomor satu di dunia.

“Sekarang sudah menjadi terbaik di Indonesia, siapa tahu dengan kerja keras kita bisa berbuah manis menjadi wisata mendunia,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Berau, Sri Juniarsih, mengatakan kedatangan Mas Menteri, dapat dijadikan motivasi oleh Berau untuk terus melakukan inovasi pengembangan pariwisata Berau ke depan.

Belum lagi, dengan didapuknya Pulau Derawan finalis 50 ADWI, memberikan semangat bagi destinasi lainnya di Berau untuk bisa tampil lebih baik lagi dalam membangkitkan gairah industri pariwisata di “Bumi Batiwakkal”.

“Kita sudah naik kelas. Semoga ke depan bisa lebih lagi,” kata perempuan yang akrab disapa Umi Sri itu.

Pulau Derawan bagian dari KSPN, lanjutnya, tentunya membutuhkan peningkatan infrastruktur pendukung, baik itu akses jalan menuju Tanjung Batu yang kemudian menuju Pulau Derawan.

“Juga infrastruktur pendukung lainnya membutuhkan peningkatan, hingga kita sangat membutuhkan dukungan dari pemerintah pusat, khususnya Kemenparekraf,” tuturnya.

Umi juga menyampaikan, Kabupaten Berau juga menjadi mitra dari Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang juga menjadi perhatian.

Sebagai kabupaten yang memiliki terbanyak tempat wisata di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), tentunya menjadi tempat yang akan dituju nantinya.

“Dari 13 kecamatan yang ada, Berau memiliki ratusan destinasi wisata yang beragam dan menjadi andalan,” ucapnya.

Um Sri berharap, dengan perolehan penghargaan ini Kabupaten Berau akan terus memperoleh dukungan dan pendampingan dari Kemenparekraf RI.

“Tentunya harapan kita, dengan ini ekonomi masyarakat kita meningkat,” inginnya. (*/ADV)