Reporter : Hendra Irawan
|
Editor : Suriansyah

TANJUNG REDEB – Manuver Ala Hanura. Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) “bagi-bagi” rekomendasi surat tugas kepada 4 figur bakal calon kepala daerah. Mereka yang mendapat surat tugas tersebut, Agus Wahyudi (AW), Sri Juniarsih (SJ), Taupan Madjid (TM), dan Jakariya (Bang Jaka).

Sekretaris DPC Hanura, Nasri Afandi, menjelaskan surat tugas itu diberikan kepada figur-figur yang telah mengikuti fit and proper test. Surat tugas ini diberikan dari mulai 5 Juni sampai 5 Juli.

“Dari enam pelamar, hanya 4 orang yang diberi surat tugas, karena keempat figur ini yang sudah mengikuti fit and proper test.Adapun Sarifatul dan Suriansyah tidak mendapatkan surat tugas lantaran tidak hadir dalam mengikuti fit and proper test,”ujarnya.

Pemberian surat tugas ke empat figur tersebut, katakannya, merupakan sesuatu yang normal dalam perhelatan politik.

Dengan diberikannya surat tugas tersebut, semua figur dapat membangun komunikasi, baik secara internal maupun eksternal dengan intens serta dapat menaikkan elektabilitasnya di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mendatang.

“Itu hal biasa, karena surat tugas ini belum final atau keputusan akhir. Finalnya nanti setelah ada rekomendasi berpasangan,” jelasnya.

“Artinya, masih ada tahap lobi-lobi, uji kelayakan, elektabilitas mereka seperti apa. Masih cukup panjanglah,” sambungnya.

Mereka juga diminta membangun kerja sama dengan parpol lain, guna menggenapi kursi sesuai syarat minimal, yakni enam kursi. Karena saat ini Hanura hanya dapat 3 kursi.

Kemudian lanjut Nasri, setelah dead line atau batas surat tugas nanti, keempat figur ini akan dilihat sejauh mana progres yang dicapai. Selanjutnya, akan dibawa ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk menentukan siapa yang akan dapat rekomendasi.

“Tapi untuk lebih lanjutnya, kami belum bisa sampaikan. Sementara berproses dulu,” pungkasnya. (*)