TANJUNG REDEB – Menjelang tahapan masa tenang dan pemungutan serta perhitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Berau menggelar Apel Siaga Tahapan Pengawasan Pemilu Tahun 2024, di halaman Masjid Agung Baitul Hikmah Tanjung Redeb, Selasa (6/2/2024).

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Tamjidillah Noor mengatakan, kegiatan ini untuk mengetahui kesiapan seluruh jajaran Bawaslu di setiap kecamatan dalam menghadapi pemilu serentak.

“Kami mengundang Panwaslu Kecamatan, 4 kecamatan terdekat hadir lengkap dengan BKD serta PTPS nya,” katanya kepada berauterkini.co.id.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Tamjidillah Noor.

Sebelum memasuki masa tenang katanya, biasanya digunakan oleh pemilih untuk menentukan pilihannya, setelah seluruh peserta pemilu menyampaikan visi dan misi di masa kampanye.

Namun, bagi pihaknya tahapan tersebut merupakan titik kritis. Dimana, selama tiga hari harus memastikan tidak ada kegiatan kampanye hitam dan politik uang serta memastikan distribusi logistik tepat waktu, tepat sasaran dan tepat jumlahnya.

Apalagi Berau menjadi salah satu dari 10 kabupaten atau kota lain yang titik kegiatan kampanyenya melebihi 1.700 titik dan itu menjadi kampanye terbanyak se Kalimantan Timur (Kaltim).

“Kita harus pastikan, semua pengawas pemilu memiliki pemahaman yang mendalam tentang aturan dan regulasi Pemilu 2024,” tuturnya.

Kemudian, tahapan setelah masa tenang merupakan titik akhir tahapan krusial pemilu, yaitu tahapan pemungutan, penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara.

Tamjidillah menegaskan kepada para Pengawas Pemilu, untuk tetap komitmen melakukan pengawasan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024 dengan sungguh-sungguh, penuh kedisiplinan dan rasa tanggung jawab tinggi, demi berlangsungnya penyelenggaraan pemilu yang adil, demokratis dan damai di “Bumi Batiwakkal”. (*)

Reporter : Dini Diva Aprilia

Editor : s4h