Penulis : admin

Foto: Anggota kepolisian Polres Berau saat melakukan pemeriksaan di perbatasan berau

TANJUNG REDEB, – Polres Berau melakukan tes acak terhadap pengendara dan penumpang yang melintasi perbatasan Berau-Kutim. Kapolres Berau, AKBP Anggoro Wicaksono menjelaskan, random sampling test adalah pengambilan sampel tes covid-19 secara acak kepada setiap orang yang masuk ke Kabupaten Berau dari kabupaten lain. Pengambilan sampel menggunakan tes cepat antigen atau rapid test antigen.

“Pengambilan sampel secara acak. Semisal ada satu mobil berisi dua orang dari daerah lain mau masuk ke Berau. Saat di pos perbatasan, satu dari dua orang tadi di rapid antigen. Jika negatif bisa masuk. Jika positif, silahkan jalani karantina dulu, atau kembali dan kami laporkan pada tim satgas setempat. Agar ketika sampai, segera menjalani karantina,” jelas Kapolres.

Dikatakannya, pemeriksaan rapid antigen acak dilakukan di perbatasan Berau-Kutai Timur. Yakni di Kecamatan Kelay dan Kecamatan Batu Putih. Untuk pelaksanaan rapid, Polres menggandeng instansi setempat.

“Pengamanan dilakukan oleh personel Polsek Kelay dan Koramil Kelay. Sementara di Batu Putih, oleh Polsubsektor Batu Putih Polsek Bidukbiduk, Polsek Talisayan dan Koramil Bidukbiduk,” ujarnya.

Tes acak ini, sudah digelar lebih dari seminggu, usai Kabupaten Kutai Timur ditetapkan sebagai zona merah covid oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur pada 30 Januari 2022 lalu.

“Sehingga pengawasan di jalur perbatasan khususnya yang berbatasan dengan zona merah, makin diperketat,” jelasnya.(*)

Editor: Rj Palupi