TANJUNG REDEB – Bupati Berau Sri Juniarsih, meminta kepada seluruh jajarannya agar tidak menjadikan kinerja hanya sebagai agenda formalias semata. Hal itu disampaikannya saat melantik puluhan pejabat, baik tinggi maupun pejabat struktural, di Balai Mufakat Jalan Milono, Kamis (25/1/2024).

“Setiap kinerja jangan sampai dijadikan agenda formalitas belaka. Majukan tata kelola pemerintahan di instansi masing-masing,” tegas Bupati Sri Juniarsih.

Selain itu, orang nomor 1 di “Bumi Batiwakkal” itu juga menyampaikan catatan penting bagi para pejabat yang mendapat promosi jabatan, yakni dengan memastikan 18 program prioritas dapat tercapai sesuai target pemerintah pada tahun ini.

Target tersebut, mesti rampung sebelum masa akhir jabatan bupati yang bakal berakhir pada tahun ini.

“Ini wajib. Bapak, Ibu jadi perhatian utama. Kalau tidak mampu, itu akan otomatis turun ke bawah dan akan merusak citra pemerintah,” tegasnya.

Amanah yang diberikan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) itu, diharapkannya tidak disia-siakan. Sebab, kepercayaan pemerintah tidak akan datang dua kali.

“Amanah ini pertanggung-jawabannya kepada Allah SWT. Bila tidak amanah, Bapak Ibu akan kami rotasi kembali,” tegasnya.

Bupati Sri Juniarsih melantik 64 pejabat tinggi hingga pejabat struktural di lingkungan pemerintahan Kabupaten Berau. Agenda pelantikan tersebut kali kelimanya selama kurang dari setahun belakangan ini.

Dihadiri pejabat teras di lingkungan Pemkab Berau, lengkap. Bahkan Wakil Bupati Berau Gamalis, yang sempat absen dalam beberapa agenda pelantikan, turut hadir dalam acara pagi itu.

Agenda itu, dijadikan momentum pemerintah dalam melantik pejabat pratama yang dalam beberapa bulan lalu mengikuti agenda seleksi terbuka. Sekaligus para pejabat administrator, jabatan pengawas dan jabatan fungsional.

Adapun pejabat pratama yang berhasil akuisisi kursi jabatan strategis pemerintah diantaranya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau diisi oleh Masyhadi Muhdi, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Djupiansyah Ganie, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Lamlay Sari.

Selain itu, Staff Ahli Bidang Pembangunan dan Perekonomian Rusnan Hefni, dan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Mardiatul Idalisah. Lima nama tersebut yang dilantik bersamaan dengan 59 pejabat lainnya.

Dalam pelantikan itu, Umi Sri sapaan akrab Bupati Berau, seperti biasa dia menyebutkan bila pemerintah menitipkan agar para pejabat baru tersebut dapat memberikan pelayanan terbaik bagi warga Berau.

Serta memberikan loyalitas terhadap kepala daerah dalam mengawal pembangunan di “Bumi Batiwakkal”.

“Semoga bapak/ibu dapat amanah dengan jabatan baru yang dititipkan oleh masyarakat melalui pemerintah daerah,” ujar bupati.

Para pejabat pratama yang dilantik diharapkan dapat menjadi jawaban atas kesolidan setiap instansi yang dipimpinnya.

Dengan membuktikan itu melalui peningkatan kualitas kinerja, baik secara internal dinas masing-masing maupun capaian program pemerintah.

Agenda pelantikan dan sumpah janji jabatan itu pun diakhiri dengan sesi foto bersama, dan pemberian ucapan selamat oleh pejabat teras Pemkab Berau. (*)

Reporter : Sulaiman

Editor : s4h