Foto: Komandan Kodim 0902/Berau Letnan Kolonel Inf Dony Fatra, saat menyerahkan bantuan sembako bagi warga Gurimbang.

TANJUNG REDEB– Penanganan stunting di Kabupaten Berau, tidak hanya melibatkan Pemkab Berau dan OPD terkaitnya saja. Tetapi, Kodim 0902/Berau juga turut ikut berkontribusi melalukan penceghan stunting di Bumi Batiwakkal.

Komandan Kodim (Dandim) 0902/Berau, Letnan Kolonel Inf Dony Fatra, didampingi Danramil 05/Sambaliung, Kapten Inf Haeruddin Halwin, membantu Pemkab Berau melalukan pencegahan stunting di Kampung Gurimbang, Kecamatan Sambaliung, pada Kamis (9/02/2023). Salah satunya dengan cara memberikan bantuan sembako kepada keluarga yang memiliki balita di kampung tersebut.

Dony mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut atas instruksi Presiden Republik Indonesia tahun 2023. Di mana, presiden menargetkan angka pencegahan stunting mencapai 14% dalam skala nasional.

Selain itu, pencegahan stunting juga merupakan perintah Kasad selaku Duta Bapak Asuh Anak Stunting untuk jajaran TNI AD di seluruh Indonesia.

“Tujuannya untuk mendukung program pemerintah pusat maupun daerah guna memaksimalkan pencegahan stunting, sesuai dengan target pak presiden” ujarnya, Minggu (12/02/2023).

Selain membagikan sembako, jebolan kopasus itu juga melakukan silaturahmi dengan Pemerintah Kampung Gurimbang, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda di sana.

Kegiatan silaturahmi ini juga sekaligus sebagai perkenalan diri Dandim 0902/Berau kepada para pejabat Kampung Gurimbang, guna memupuk keakraban dengan perangkat Kampung maupun Masyarakat setempat.

Dirinya berharap, pencegahan stunting dapat dilakukan oleh semua pihak. Tidak lupa, dirinya juga mengimbau kepada masyarakat di sana untuk selalu menjaga kesehatan lingkungannya. Karena sedikit banyaknya, penyebab stunting terjadi karena masyarakat abai dengan kesehatan lingkungannya.

“Dengan pola hidup sehat, secata tidak langsung akan mencegh stunting terjadi. Tentunya disertai dengan pemenuhan gizi yang baik,” pungkasnya. (/)