Foto: Kantor Dinas Pendidikan Berau di Jalan Murjani 1, Tanjung Redeb

TANJUNG REDEB – Dinas Pendidikan Berau di tahun 2023 memfokuskan anggaran untuk pembinaan SDM, maupun memberikan gaji dan insentif pegawai.

Kepala Dinas Pendidikan Berau, Yudi Artangali menjelaskan, memang APBD Berau di tahun 2023 mencapai Rp 3 triliun. Dan Dinas Pendidikan Berau juga menjadi bagian dari prioritas.

Walaupun Ia tidak menyeburkan nominal pastinya yang diberikan kepada Dinas Pendidikan. Namun hampir 80 persen anggaran tersebut untuk gaji pegawai dan honorer.

“Pegawai kita ini kan memang kurang lebih ada 3.000, dan kebanyakan untuk pemberian insentif,” jelasnya.

Kendati begitu, anggaran juga banyak diperuntukkan untuk sarana dan prasarana peningkatan bangunan fisik beberapa sekolah di Kabupaten Berau.

Seperti contohnya penambahan ruang, rehab beberapa bangunan. Begitu juga perluasan sarana sepeerti masjid. Yudi juga mengungkapkan, pembangunan rumah guru juga dilakukan.

Sedangkan untuk pembangunan sekolah baru di Kabupaten Berau belum ada di tahun ini. Walaupun ditahun-tahun sebelumnya, ada wacana pembangunan sekolah di kawasan adat terpencil.

“Untuk sekolah baru belum ada pembangunan. Tapi kalau untuk penambahan ruang kelas itu bisa,” ungkapnya.

Sementara untuk pengembangan SDM, pihaknya memfokuskan pelatihan ubtuk peralihan penggunaan kurikulum merdeka. Agar, seluruh sekolah bisa mengaplikaskan dalam proses pembelajaran.

“Saat ini di Berau, masih masuk masa transisi. Kita juga dibantu oleh beberapa sekolah penggerak dan pelatihan yang ada, hingga semuanya bisa mengikutinya,” tutupnya. (*)