Foto: Atlet Judo Berau raih 6 medali emas di Popda Paser belum lama ini

TANJUNG REDEB,- Atlet judo Berau berhasil meraih 6 medali di Popda Kaltim yang digelar di Kabupaten Paser, belum lama ini. Adapun atlet yang meraih medali tersebut yakni medali 2 medali emas itu diraih oleh Raja Al karim suryaji perwiro dan Nisa nur aisyah.

Adapun medali perak diraih Lintang zain hafizhdan dan Rajwa dika rizqullah. Kemudian untuk medali perunggu diraih oleh Muhammad nabil dan Rava budiman siringo ringo. Sementara Lola Setia Hidayani belum mampu memberikan prestasi bagi Berau.

Ketua Pengkab Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Berau, Guruh mengatakan, atlet yang diturunkan di Popda sebanyak 7 atlet saja. Sementara daerah lain, termasuk tuan rumah menurunkan atlet sebanyak nomor cabor yang ditandingkan.

“Kami apresiasi prestasi medali yang telah didapatkan oleh atler yang bertanding. Ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri serta Pemerintah Kabupaten Berau,” jelasnya, Kamis (3/11/2022).

Namun diakuinya, 6 medali yang didapatkan para atletnya tersebut masih kurang dari target awal. Karena ada beberapa target lepas, lantaran keterbatasan jumlah atlet yang dikirim.

Tapi secara target pribadi masing-masing atlet, menurut Guruh, sudah tercapai. Tinggal mengevaluasi untuk berkembang lebih baik kedepannya.

“Target awal itu, 3 emas 3 perak 1 perunggu. Meski tidak tercapai, tapi target pemain muda tercapai. Daerah lain banyak memainkan pemain kelahiran 2004 dan 2005. Dan kita kalah di jumlah peserta. Kalau daerah lain full tim,” terangnya.

Kedepan kata dia, pihaknya akan memaksimalkan kemampuan atlet. Termasuk yang akan berlaga di Porprov Kaltim 2022 mendatang. Namun dirinya juga berharap, Pemkab Berau juga dapat memperhatikan bonus atlet, terutama atlet berprestasi yang membawa nama daerah di berbagai even resmi.

“Bonus ini diharapkan untuk menambah motivasi mereka berlatih. Apalagi, atlet ini rutin latihan pagi, siang, sore hingga malam hanya untuk menjadi juara. Seharusnya perjuangan mereka dihargai,” pungkasnya.