Foto: Atlet layar Berau saat berlatih rutin di Gor Pemuda Tanjung Redeb

TANJUNG REDEB, – Tidak hanya di air, atlet layar Berau juga ditempa di darat. Seperti latihan fisik di GOR Pemuda. Rencananya, latihan evaluasi itu selesai pada Minggu (31/7/22) mendatang. Sekaligus juga mengevaluasi hasil latihan yang dijalankan sejauh ini.

Ketua Pengkab Persatuan Olahraga Layar Indonesia (Porlasi) Berau, Kosim Noor Seha mengatakan, kegiatan itu sebagai persiapan atlet layar Berau menghadapi Porprov dan juga PON 2024 mendatang.

Fokus latihan mulai dari kecepatan, kekuatan, dan daya tahan tubuh.

“Tidak semua atlet ikut, hanya atlet yang akan mengikuti Porprov dan PON nanti,” jelasnya.

Menurutnya, evaluasi itu untuk mengetahui kemajuan latihan atlet yang telah dilakukan dalam beberapa waktu terakhir. Apalagi, latihan juga sempat tidak maksimal akibat Pandemi Covid-19.

Lebih lanjut kata dia, meski hasil dari evaluasi itu cukup bagus, namun ada beberapa kekurangan yang mesti harus diperbaiki dan ditingkatkan. Baik itu dari segi kekuatan, hingga daya tahan.

Terlebih, cabor layar tidak hanya dituntut harus mampu membaca arah mata angin saja, tetapi juga harus memiliki kemampuan fisik yang prima.

“Kami sudah sampaikan kepada atlet, hal-hal yang perlu diperhatikan. Serta akan menambah program latihan, untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan mereka. Setidaknya, ketika dipertandingan nanti, mereka sudah sangat siap,” tegasnya.(*)