Reporter : ⁠Dini Diva Aprilia
|
Editor : Syaifuddin Zuhrie

TANJUNG REDEB,– Menindak lanjuti keluhan masyarakat perihal sulitnya memperoleh Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3Kg di pengecer maupun agen. Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Berau pun langsung melaksanakan sidak ke sejumlah agen dan pangkalan.

Sidak itupun dilakukan ke sejumlah agen dan pengecer yang ada di  4 kecamatan terdekat yaitu Sambaliung, Gunung Tabur, Teluk Bayur, Tanjung Redeb.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Usaha dan Perdagangan Diskoperindag Berau, Hotlan Silalahi menyebutkan, ada tiga titik yang di kunjungi diantaranya agen LPG 3 Kilogram PT Semoga Anugerah Jaya HARM Ayoeb, Kecamatan Gunung Tabur.

Dari hasil peninjauan, kata Hotlan diketahui terjadi kerusakan armada pengiriman sehingga proses distribusi LPG dari Balikpapan ke Berau tersendat.

“Hanya masalah lambat distribusi saja, saat inipun sudah dalam perjalanan,”jelasnya.

Senada dengan pemerintah, Pengawasan Lapangan Supervisor (Spv) Jobber Berau Aswan juga menjelaskan alasan kelangkaan tersebut, diakibatkan karena adanya beberapa permasalahan.

Namun diakuinya kuota atau stok yang tersedia itu mencukupi, yang menjadi masalah adalah rusaknya salah satu armada yang sering mendistribusikan LPG dari Balikpapan ke Berau.

“Biasanya ada dua kapal yang mendistribusikan gas ke Berau tapi karena satu kapal rusak itu menjadi masalah, sedangkan BBM pihak jobber selalu mendistribusikan sesuai permintaan SPBU dan itu lancar saja,” jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa setiap kapal pengangkut LPG 3 kilogram harus dapat pengawasan dari tim kepanduan.

“Dan tim operasional di kepanduan itu beroperasi jam kerja jam 7 pagi sampai jam 5 sore. Selebihnya tidak menerima layanan. Akhirnya kapal harus menunggu sampai besok paginya,” ungkapnya.

Kendati demikian dirinya menegaskan terkait peristiwa di luar dugaan tersebut sudah sering dilakukan komunikasi intens untuk antisipasi sedini mungkin dari dalam Jobber.

“Terakhir pendistribusian LPG 3 Kilogram dilakukan pada Sabtu (10/10/24) lalu. Dan Rabu kemarin baru bisa di distribusikan ke agen-agen di Berau,” jelasnya.(*)