Reporter : Hendra Irawan
|
Editor : Syaifuddin Zuhrie

TANJUNG REDEB– Satu unit bagan dari Talisayan, Kecamatan Talisayan, beserta tiga orang nelayan hanyut saat berada di wilayah Tanjung Mangkalihat, Kutai Timur, pada Senin (21/10/2024).

Adapun tiga orang yang hilang itu, berasal dari Kelurahan Loktuan, Kecamatan Bontang Utara. Informasinya, bagan tersebut berasal dari Talisayan, dan dibeli oleh warga Bontang.

Bagan itu kemudian dibawa ke Bontang melalui jalur laut. Nahasnya, belum sampai di tujuan, bagan itu hanyut akibat gelombang besar.

Komandan Pos TNI AL (Danposal) Teluk Sulaiman, Pelda Solekhan mengatakan, bagan yang hanyut tersebut ditarik oleh kapal yang melintas menuju Pulau Miang. Tidak jauh dari Posal Tanjung Mangkalihat sekira pukul 10.00 Wita.

Kemudian, pukul 10.45 Wita, kapal terkena gelombang besar ketika melintas di depan wilayah Tanjung Sinondok Mangkalihat. Besarnya gelombang, membuat kapal penarik Bagan tersebut melepas talinya lantaran tidak dapat bermanuver.

“Bahkan, kapal sempat terdorong mundur karena angin dan arus yang kencang. Setelah tali dilepas, kapal penarik yang dinahkodai oleh Sainudin, menepi ke daratan untuk berlindung tanpa menyelamatkan Bagan,” katanya.

Saat itu, sebanyak lima orang masih berada di atas Bagan. Ada juga perahu tempel bermesin 15 PK ditarik oleh kapal bagan. Namun, perahu tersebut tertarik ke bawah kapal.

Melihat hal itu, pemilik Bagan, Idris, lompat dari Bagan untuk selamatkan perahu tersebut. Sementara juragan bagan Budi, membuang jangkar yang ada di Bagan.

Pasalnya, Budi melihat Idris yang tergesek dengan kayu bagan. Kemudian Budi melompat untuk membantu Idris mengeluarkan perahu, dan menaikinya kerena sudah tidak bisa kembali naik di Bagan.

“Pemilik bagan ini berinisiatif untuk naik kedaratan sambil menunggu gelombang reda. Namun, setelah pukul 16.00 Wita, Budi dan Idris kembali untuk menyelamatkan anggotanya yang tertinggal, tidak menemukan bagan itu,” katanya.

Kemudian, sekira pukul 17.00 Wita, keduanya kembali ke darat lantaran gelombang besar, dan melaporkannya ke Posal Tanjung Mangkalihat.

“Saat ini team Posal dengan kapal penarik Bagan  sedang melaksanakan pencarian di perairan  Tanjung Mangkalihat,” pungkasnya. (/)