Reporter : ⁠Dini Diva Aprilia
|
Editor : Syaifuddin Zuhrie

TANJUNG REDEB – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau menggelar pelatihan housekeeping dan pengelolaan destinasi pariwisata sebagai upaya untuk meningkatkan daya tarik destinasi wisata di Bumi Batiwakkal.

Kepala Bidang Bina Usaha Jasa Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Disbudpar Berau, Nurjatiah, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam sektor pariwisata.

“Kita ingin meningkatkan kualitas layanan prima, yang diyakini akan menentukan mutu layanan wisata,” ujarnya.

Melalui pelatihan housekeeping, diharapkan para Room Attendant atau petugas yang bertanggung jawab atas kebersihan dan kenyamanan kamar tamu di hotel, dapat bekerja sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

“Pelayanan ini kan juga masuk dalam jasa pariwisata. Karena itu, kita ingin tamu yang datang ke Berau bisa dilayani dengan baik,” tambah Nurjatiah.

Sebanyak 25 peserta dari pelatihan housekeeping terdiri dari siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pariwisata, pekerja di sektor akomodasi, dan usulan dari kecamatan atau kelurahan.

Selain itu, pelatihan pengelolaan pariwisata bertujuan untuk memberikan wawasan dan keterampilan kepada peserta agar mampu mengelola destinasi pariwisata dengan baik.

“Kita juga ingin pengelolaan pariwisata melibatkan masyarakat langsung, terutama dalam pengembangannya, seperti mendata atau menata destinasi dan wisatawan yang berkunjung,” jelasnya.

Pelatihan pengelolaan destinasi wisata akan dilaksanakan pada 22 hingga 23 Oktober 2024 medatang, berlokasi di Wisata Air Panas Asin Pemapan, Kecamatan Biatan.

“Pesertanya terdiri dari BUMK, pengelola destinasi, dan Pokdarwis Kampung Biatan. Totalnya ada 30 orang, Insya Allah akan kita laksanakan pada tanggal 22 Oktober 2024,” tuturnya.

Nurjatiah menambahkan, setelah pelaksanaan kegiatan selesai, peserta diwajibkan untuk membuat laporan hasil kegiatan.(*)